Irigasi – Jalan Lingkungan Ai Beta Diupayakan di APDBP dan APBD Murni 2019

KabarNTB, Sumbawa – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, A Rachman Alamudy berjanji akan mengupayakan agar harapan masyarakat di Dusun Ai Beta Desa Kerato Kecamatan Unter Iwes untuk pembangunan saluran irigasi, talud dan jalan lingkunga akan direaliasikan di APBD Perubahan 2018 dan APBD murni 2019.

Hal itu disampaikan wakil ketua DPRD Sumbawa dari Partai Golkar itu dalam reses yang dilaksanakan di Dusun Ai Beta, pada Minggu malam 4 Maret 2019.

Selain usulan fisik, ada juga usulan bantuan masjid, rehab mushollah dan pengadaan tempat memandikan jenazah.Dalam kesempatan tersebut, Abi Mang menjelaskan pentingnya serap aspirasi yang dilakukan oleh masing-masing anggota dewan ditengah masyarakat. Karena masyarakat dapat menerima informasi tentang pembangunan, di samping dapat menyampaikan keluhan tentang permasalahan apapun.

Selain itu tatap muka seperti ini sangatlah penting sebagai saluran yang efektif untuk menyampaikan aspirasi.

“Sementara dari sisi anggota DPRD, bisa berinteraksi langsung dengan konstituennya, menyampaikan sekaligus menyerap informasi untuk menjadi referensi dalam pelaksanaan tugasnya sebagai wakil rakyat dalam memecahkan persoalan masyarakat,” jelasnya.

Terkait beberapa aspirasi masyarakat selama menjabar di DPRD Sumbawa, Abi Mang menyatakan telah menggelontorkan bantuan hampir mencapai Rp 2 miliar untuk masyarakat di wilyah dapil-nya, termasuk pembangunan yang lainnya di Kecamatan Unter Iwes.

“Kehadiran saya turun langsung di tengah masyarakat untuk mengevaluasi kembali permasalahan masyarakat untuk mencari solusi.dan nantinya dari aspirasi tersebut akan disinkronkan dengan rencana kerja pembangunan jangka menengah, tentu disesuaikan dengan kemampuan daerah,” jelasnya.

Ia menyatakan APBD Sumbawa sangat terbatas karena terjadi pengurangan alokasi dari pusat. Selain itu sebagian besar anggaran daerah dialokasikan untuk membiayai proyek-proyek besar sebagai bagian dari visi misi pemerintahan Husni—Mo. Seperti pembangunan RSUD Sumbawa di BBU Sering, pembebasan lahan proyek pelebaran Jalan Garuda, pembebasan lahan pembangunan Bendungan Beringin Sila dan lainnya.

Untuk meminimalisir dan menyiasati keterbatasan tersebut, program masyarakat yang dapat direalisasikan adalah yang bersifat prioritas. Sementara terkait aspirasi masyarakat terhadap bantuan masjid dan mushollah di Desa Kerato dan khususnya di Dusun Ai Beta, dirinya siap merealisasikannya, termasuk usulan pengadaan tempat memandikan jenazah juga akan disegerakan.

Sementara untuk usulan pengerjaan talud, saluran dan jalan, dirinya akan mengajak Dinas PUPR selaku leading sektor terkait untuk turun melakukan pengecekan lapangan sekaligus memastikan rencana anggaran.

“Jika memungkinkan akan diupayakan pada APBD Perubahan 2018 atau APBD 2019 mendatang,” katanya..(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.