Jabatan Staff Ahli Bupati Paling Diminati Pejabat Eselon III di KSB

KabarNTB, Sumbawa Barat – Sampai kamis 2 Nopember 2017, sudah puluhan pejabat eselon III yang mendaftar mengikuti seleksi untuk mengisi 10 jabatan eselon II yang sedang dilelang Pemda KSB.

Data dari sekretariat Panitia Seleksi di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BK Diklat) Sumbawa Barat, tercatat sudah 35 orang yang mendaftar. Dari jumlah itu jabatan yang paling banyak diminati, justeru jabatan staff ahli. Salah satu jabatan yang akan diisindalam seleksi kali ini adalah staff ahli bupati bidang perekonomian dan pembangunan.

Jumlah pelamar untuk jabatan yang kerap dianggap sebagai jabatan “tanpa meja dan kantor” itu dilamar oleh 14 orang, sama dengan jumlah pelamar untuk jabatan Sekretaris DPRD (Sekwan).

Tidak diketahui apa alasan para pejabat eselon III sangat meminati jabatan tersebut. Tetapi sejumlah kalangan memperkirakan beban kerja yang tidak terlalu berat (tidak seperti kepala SKPD) ditambah peluang promosi (kenaikan pangkat dan jabatan) sebagai alasan paling kuat.

Dibawah staff ahli dan Sekwan, diurutan kedua jabatan yang paling diminati adalah Kepala Dinas PPKB3A. Kepala dinas yang mengurusi masalah perlindungan perempuan, KB dan perlindungan anak itu dilamar oleh 13 orang. Sementara di posisi ketiga jabatan yang paling diminati adalah Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga (Dikpora) dengan 9 orang pelamar, disusul jabatan kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) yang dilamar oleh 8 orang dan jabatan Kepala Badan Pendapatan dan Aset Daerah (BPAD) dan Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (Distanbunnak) masing – masing dengan 7 orang pelamar pada posisi kelima jabatan yang paling diminati.

Sedangkan untuk jabatan kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kepala Sat Pol PP dan Kepala Dinas Kesehatan (Sat Pol PP) dilamar oleh oleh masing-masing 6 orang.

Jumlah pelamar tersebut masih belum final dan kemungkinan masih bertambah mengingat pendaftaran dibuka sampai tanggal 7 Nopember 2017 mendatang.

Sekretaris Panitia Seleksi (Pansel), HA Malik Nurdin, sebelumnya, menyatakan, pendaftaran masih dibuka untuk lingkup Pemda KSB. Jika nantinya jumlah pelamar kurang dari ketentuan, pendaftaran akan dibuka untuk regional Pulau Smbawa atau regional NTB.

“Ketentuanya, jumlah pelamar untuk setiap jabatan minimal 4 orang dan satu orang bisa mendaftar untuk maksimal tiga jabatan. Kalau dilihat dari jumlah pejabat eselon III (pangkat Va) yang ada sekarang jumlah tersebut bisa terpenuhi,” ujar HA Malik Nurdin.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.