Kantor Disnaker KSB Diserbu Ribuan Pencari Kerja

KabarNTB, Sumbawa Barat – Ribuan pencari kerja menyerbu kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertran) Sumbawa Barat (KSB), jum’at pagi 12 Januari 2018.

Saking ramainya, para pencari kerja terlihat berdesak-desakan di halaman dan depan pintu masuk kantor. Dari pengeras suara terdengar suara petugas memanggil satu persatu pencari kerja. Selain diluar, didalam ruangan kantor juga dipenuhi pencari kerja.

Para pencari kerja itu merupakan pelamar lowongan kerja PT MacMahon, perusahaan aliansi PTAMNT di tambang Batu Hijau. Mereka ‘menyerbu’ kantor Disnakertrans untuk mengambil nomor urut tes tulis dan tes wancara.

Tes tulis akan dilaksanakan khusus untuk pelamar non skill, sedangkan untuk pelamar skill (memiliki keahlian) akan langsung mengikuti tes wawancara dan keterampilan.

Anggota tim bersama rekrutmen tenaga kerja PTMacMahon, Benny Tanaya, sebelumhya, mengatakan tes tulis untuk pelamar non skill akan dilaksanakan oleh tim independent dari Universitas Gajah Mada (UGM) pada tanggal 14 Januari 2018.

Para pencari kerja yang.memadati kantor Disnakertrans KSB

Benny memastikan tidak ada ruang bagi siapapun untuk ‘bermain’ dalam proses tes dimaksud. Bahkan tim bersama tidak ikut campur sedikitpun dalam tekhnis pelaksanaan tes, termasuk mengenai soal-soal yang akan diujikan.

“Hasil tes masing -masing peserta bisa langsung diketahui saat itu juga. Misalnya yang mengikuti tes 500 begitu selesai dan menyerahkan (lembar jawaban) dimasukkan ke alat khusus dan nilainya langsung ketahuan. Jadi tidak ada ruang untuk merubah atau bermain,” jelas Benny.

Sejak dibuka pada 11 sampai 31 Desember 2017 lalu jumlah pelamar yang memasukkan lamaran lewat pos maupun email mencapai 8.282 pelamar. Dari verifikasi awal terhadap berkas lamaran yang dilaksanakan tim bersama jumlah itu berkurang menjadi 6.864. Kebanyakan pelamar tidak lolos karena berkas lamaran tidak lengkap dan ada pula yang melamar lebih dari satu job (double).

Dari hasil seleksi administrasi dan verifikasi lanjutan, jumlah pelamar yang berhasil lolos untuk mengikuti tahapan tes berikutnya sebanyak 4.420 orang.
Mereka terdiri dari tenaga skill sebanyak 520 orang, non skill 3.661 dan waiting list sebanyak 239 orang.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.