Kasus Patedong Segera Dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor

KabarNTB, Sumbawa – Kasus dugaan korupsi pembangunan talud pengaman pantai Patedong Desa Sebotok Kecamatan Labuhan Badas, memasuki babak baru.

Penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumbawa akan segera melimpahkan kasus dugaan penyimpangan pada proyek senilai Rp 186 juta itu ke pengadilan Tipikor, Mataram.

“Penyidik sedang merampungkan berkas perkaranya. Perkara Patedong ini ada lima tersangka, berkasnya akan di bagi menjadi tiga,” ungkap Kasi Pidsus Kejari Sumbawa, Ginanjar, Selasa 29 Januari 2019.

NS tersangka kelima dalam kasus dugaan korupsi proyek talud Patedong saat digiring menuju mobil Kejaksaan yang akan membawanya ke Lapas Sumbawa

Berkas pertama atas nama IK yang bertindak sebagai PPK (Pejabat Pembuat Komitmen), berkas kedua atas nama FR dan MN (penyedia jasa) dan berkas ketiga untuk Kur dan Is (konsultan pengawas).

“Pasal sanggahannya yakni pasal 2 ayat 1. Atau pasal 3 junto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP dengan ancaman maksimalnya sampai dengan 20 tahun. Dan untuk pasal 2 apabila nanti terbukti, ancaman minimalnya 4 tahun. Kalau terbukti pasal 3 minimal 1 tahun,” terang Ginanjar.

Soal waktu pelimpahan, Ia menyebut dalam minggu depan akan dikirim ke Pengadilan Tipikor Mataram.

“Saat ini sudah P21 dan sedang dikoreksi. Untuk pelimpahannya akan dilakukan minggu depan,” katanya.

Mengenai penangguhan penahanan, Ginanjar mengatakan bahwa itu adalah hak tersangka maupun penasehat hukum untuk mengajukan.

“Silahkan jika ingin mengajukan penangguhan atau pengalihan penahan. Tetapi keputusan dikabulkan atau tidak, itu berdasarkan pertimbangan penyidik. Pertimbangan kita tentunya ada pertimbangan obyektif dan subyektif,” jelasnya.

Bagaimana dengan calon tersangka baru ?. Ginanjar menyatakan penyidik belum menemukan dua alat bukti yang sah yang dapat menjerat adanya tersangka baru.

“Tetapi tidak menutup kemungkinan nanti fakta dipersidangan terungkap yang bisa dijadikan alat bukti bagi penyidik untuk bisa mengembangkan penyidikan perkara ini,” katanya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.