Kebakaran Hebat Hanguskan Gudang Gabah dan Dua Rumah Warga di Kakiang

KabarNTB, Sumbawa – Satu unit gudang gabah dan dua unit rumah milik warga Desa Kakiang, Kecamatan Moyo Hilir, ludes dilalap api dalam peristiwa kebakaran yang berlangsung Ahad malam 7 Juli 2019.

Keberadaan api diketahui sekitar pukul 22.45 Wita dan dengan cepat menyebar. Gudang gabah yang terbakar gudang adalah milik Suprianto (35), sedang dua rumah adalah milik warga atas nama Mustafa M.Nur (62) dan Suherman (35). Sementara satu unit milik Hasanuddin (35) rusak pada bagian dapurnya karena ikut dilalap sijago merah.

Tim pemadam kebakaran yang menerima informasi bergerak cepat ke lokasi. Api berhasil dipadamkan setelah dua mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Meski Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut , namun kerugian material diperkirakan cukup besar.

Sementara itu, Kades Kakiang, Erfan Darisman yang dihubungi media menjelaskan, api diketahui berasal dari kediaman Mustafa M Nur—seorang kakek yang tinggal seorang diri. Saat itu rumah dalam keadaan kosong karena pemiliknya sedang menjalani pengobatan tradisional di rumah tetangga.

Api dengan cepat membesar, kemudian merambat ke rumah tetangga yang berdampingan. Akibatnya tak satupun harta benda dari kedua rumah tetangganya tersebut yang bisa diselamatkan.

Peristiwa kebakaran di Desa Kakiang, Kecamatan Moyo Hilir, Sumbawa

Warga tak bisa berbuat banyak karena hanya menggunakan peralatan seadanya untuk memadamkan api. Akibatnya api merambat ke gudang gabah dan satu rumah lainnya. sementara Gudang dan seluruh isinya hangus. Sedangkan rumah Hasanuddin hanya terdampak bagian dapurnya.

Kerjasama antara pihak pemadam kebakaran dan warga setempat baru bisa memadamkan api selang beberapa jam.

“Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian materi dipastikan besar,” ungkap Kades Kakiang.

Akibat musibah tersebut, warga pemilik rumah terpaksa mengungsi.

“Sejauh ini, pemerintah desa sudah melaporkan kejadian itu kepada Camat Moyo Hilir untuk diteruskan ke Pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk penanganan lebih lanjut terutama bantuan tanggap darurat selama dalam kondisi pasca kebakaran,” demikian Kades Kakiang.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.