Kehadiran KCBI Turut Menjaga Kelestarian Budaya Bangsa

KabarNTB, Sumbawa – Komunitas Cinta Batik Indonesia (KCBI) Cabang Sumbawa menggelar perayaan HUT ke 2 yang dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus KCBI Cabang Sumbawa ranting Karayo Ngampo Kecamatan Empang, Senin malam 8 Juli 2019 di Gedung Diponegoro Sumbawa Besar.

Wakil Bupati Sumbawa Drs H Mahmud Abdullah menyampakaian selamat kepada pengurus KCBI ranting Karayo Ngampo yang telah dikukuhkan dan berharap kedepannya disemua kecamatan juga memiliki ranting KCBI.

Disampaikan Wabup bahwa visi dan misi dari KCBI sangat membantu pemerintah untuk menjaga kelestarian budaya Indonesia.

“Saya berharap semua kecamatan memiliki ranting KCBI yang tentu nantinya akan berdampak pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Mengingat saat ini kita sedang giat-giatnya membangun sektor pariwisata di kabupaten Sumbawa,” urainya.

“Tentu dengan memakai kain, para wanita kita akan ikut berperan dalam mendorong kemajuan pariwisata sumbawa, memberikan image positif di mata para wisatawan, sekaligus menularkan budaya berkain dan memberikan stigma bahwa berkain di era modern dapat menjadi trend baru,” imbuh Wabup.

Diakhir sambutannya Wabup berharap keberadaan KCBI cabang Sumbawa mampu menyemangati para perempuan di Tana Samawa untuk terbiasa dan bangga memakai kain tradisional Sumbawa sebagai busana pilihan sehari-hari, baik resmi maupun informal.

Dengan tercapainya cita-cita tersebut perempuan tidak hanya melestarikan budaya tetapi juga meningkatkan taraf hidup para pengrajin kain tradisional daerah.

Sementara itu Ketua Umum KCBI Pusat Sita Hanimastuty Agustanzil dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas keberhasilannya KCBI Cabang Sumbawa yang pertama kali membuka rantingnya diantara cabang-cabang yang lainnya.

Disampaikan bahwa visi dan misi KCBI adalah menjaga jati diri perempuan bangsa Indonesia melalui gaya berbusana bukan berkainnya.

“Mari kita kenalkan busana-busana warisan leluhur kita dengan menonjolkan potensi diri kita, sehingga kita bisa menghargai diri kita sendiri juga saudara-saudara kita yang ada disana dan kita menjadi satu dalam Bhineka Tunggal Ika. Persatuan ini yang sebenarnya kita butuh bersama agar kita tidak terkena dengan imbasan modernisasi,” urainya.

“Kita menjadi bangsa Indonesia, mari kita menjadi bangsa Indonesia yang benar-benar menjunjung tinggi penampilan kita dan menjadi diri kita sendiri. Apabila kita ingin dihargai oleh orang lain maka kita harus menghargai diri kita sendiri. Mari kita sumbangkan wawasan bagaimana kita mengenal busana busana kita sendiri, sehingga masyarakat percaya kepada KCBI dan inilah bantuan kita kepada pemerintah dengan ikut meningkatkan kesejahterakan masyarakat,” jelasnya.

Sebelumnya Ketua KCBI Cabang Sumbawa Ibu Sofia Noviantry Mahmud Abdullah, menyampaikan bahwa perayaan hut KCBI Cabang Sumbawa yang ke 2 ini juga sekaligus menjadi sarana evaluasi atas pencapaian yang telah diraih oleh KCBI, khususnya KCBI Cabang Sumbawa.

Seperti yang diketahui bahwa perkembangan pariwisata Sumbawa telah menumbuhkembangkan aspek kebudayaan, kesenian dan tradisi. Oleh karena itu, kehadiran KCBI sebagai sebuah komunitas telah turut menunjang sektor pariwisata Sumbawa.

Kehadiran KCBI juga telah membawa suasana baru bagi wanita-wanita Sumbawa khususnya, sehingga wanita Sumbawa dapat kembali terbiasa menggunakan kain nusantara, salah satunya tenun Sumbawa sebagai busana yang sangat cantik, menawan, rapi, dan serasi serta tetap beretika sesuai dengan budaya Tau Samawa.

Disampaikan bahwa selain menjadi sebuah kebanggaan, saat ini tenun Sumbawa juga dapat dijadikan sebagai pendukung atau bahkan menjadi sumber penambahan ekonomi keluarga. Dengan kembali menghidupkan dan menggiatkan budaya menenun, tentunya akan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, keberadaan tenun Sumbawa juga sangat perlu untuk terus dikembangkan.

“Tenun sumbawa mempunyai ciri dan corak yang sangat khas, dan saya sangat yakin, jika masyarakat serius untuk mengembangkannya, Insya Allah tenun Sumbawa akan terkenal dan tidak kalah bagusnya dengan tenun-tenun di daerah lainnya,” tandasnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.