Kejar Target PAD, Dishub Tata Ulang Pengelolaan Parkir

KabarNTB – Sumbawa – Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa melakukan penataan ulang pengawasan dan pengelolaan perparkiran. Hal itu dilakukan untuk mengejar target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari parkir sebasar Rp 200 juta per tahun.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa M. Subhan, Selasa 6 februari 2018, mengatakan, target PAD tahun ini masih sama seperti 2017 yakni sebesar Rp 200 juta. Jumlah tersebut sudah terealisasi sekitar 36 persen.

“Karena sebelumnya retribusi itu di pihak ketigakan. Sekarang kita tata ulang,” ungkap M. Subhan.

Penataan ulang dilakukan sejak akhir Januari dengan melakukan pertemuan dengan calon penarik retribusi tersebut. Dalam pertemuan itu dipaparkan berbagai hal termasuk menyepakati setoran dari masing-masing juru parkir.

“Sebelumnya, Dishub telah membangun koordinasi dan komunikasi dengan Bappenda, karena berkaitan dengan pendapatan daerah,” imbuhnya.

Berdasarkan Perbup, terdapat empat lokasi yang dapat dijadikan obyek penarikan retribusi antara lain tepi jalan dan tempat khusus. Diakui Subhan, sebelumnya Dishub sempat ragu dalam melakukan penataan lantaran tupoksi pengelolaannya apakah menjadi kewenangan Dishub atau di Bappenda.

Dari hasil pertemuan, kesimpulannya parkir merupakan tupokai Dishub. Dari hasil pertemuan ini, kemudian Dishub mengelar rapat dan membuat perjanjian dengan tenaga penarik yang mengatur tentang jumlah setorannya.

“Disepakati jumlah setoran bervariasi tergantung dari besar potensi dimasing-masing titik parkir,” jelas Subhan, seraya menambahkan, jumlah titik parkir dan retribusi masih sama seperti sebelumnya dan hanya manajemen pengelolaan yang ditata ulang agar lebih terukur.

“Kami optimis penataan ulang ini bisa memenuhi target PAD yang ditetapkan. Sekarangpun sudah ada gambaran penerimaan karena terukur,” demikian M Subhan.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.