Kelompok Asman Toga Kelurahan Samapuin Juarai Lomba Tingkat Provinsi

KabarNTB, Sumbawa – Melalui Kelompok Binaan Asuhan Mandiri (Asman) Tanaman Obat Keluarga (Toga) Kelurahan Samapuin Kabupaten Sumbawa, sukses menjuarai lomba Lomba Asman Toga Tingkat Provinsi NTB Kategori wilayah Kelurahan 2018. Kelompok Asman Toga Kelurahan Samapuin sukses mengungguli beberapa kelurahan yang ada di Kabupaten lainnya di NTB.

Terkait keberhasilan tersebut, Lurah Samapuin Syafruddin yang dikonfirmasi belum lama ini menyambut baik atas terpilihnya Asman Toga Kelurahan Samapuin sebagai juara 1 di tingkat Provinsi.

Tim juri saat menilai Kelompok Asman Tanaman Obat Keluarga Kelurahan Samapuin Sumbawa

Menurutnya, Dengan hasil ini, tentu warga semakin terpacu untuk memanfaatkan setiap jengkal tanah pekarangan untuk menanam tanama obat keluarga.

“Belum lama ini kita sudah mendapat keputusan gubernur, tentang penetapan kelurahan Samapuin itu sebagai juara 1. Dan untuk kedepan kejuaraan ini akan berlanjut ke tingkat yang lebih tinggi yakni tingkat nasional,” ungkapnya.

Dijelaskannya, sebagai persiapan selanjutnya, pihaknya untuk sementara akan tetap mempetahankan jumlah jenis tanaman obat keluarga yang ada yakni sekitar seratusan jenis. Namun, jika memang akan berlanjut ke tingkat nasional, tentu akan ada pengembangan melalui penambahan jenis tananam Toga lainnya.

Terkait dampak bagi masyarakat atas keberhasilan ini, menurutnya sangat besar dirasakan. Selain meningkatkan kesadaran dan kemauan mencegah serta mengatasi gangguan kesehatan ringan secara mandiri pada masyarakat, juga mengubah pandangan masyarakat untuk tidak selalu tergantung dengan obat-obatan berbahan kimia, sebab yang alami masih tersedia di sekitar kita.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.