Kembali ke ‘Habitat’, Mukhlis Siapkan Sejumlah Program Prioritas Dongkrak Mutu Pendidikan

KabarNTB, Sumbawa Barat – Mantan Asisten Pemerintahan (Asisten I) Setda KSB, H Mukhlis M.Si, dilantik menjadi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora).

Mukhlis sendiri bukan orang baru di Dikpora. Ia seperti kembali ke ‘habitatnya’ ke dunia pendidikan. Sebelum menjabat sebagai Asisten I sejak 4 Januari 2016, Mukhlis sempat dua tahun memimpin dinas yang mengurusi masalah pendidikan itu.

Para siswa di salah satu sekolah dasar di Kota Taliwang menjelang kegiatan belajar mengajar

Ditemui di ruang kerjanya, Rabu pagi 2 Januari 2019, Mukhlis nampak enjoy.

“Siap (bekerja). Di manapun ditempatkan harus siap,” ucapnya.

Ia mengakui, tugas sebagai kepala Dikpora memang berat. Karena dinas terkait bertanggungjawab mengelola anggaran yang sangat besar (20 persen dari nilai APBD). Termasuk soal asset karena menyebar di seluruh wilayah hingga ke pelosok-pelosok.

“Hari pertama ini saya akan isi dengan rapat bersama seluruh staff untuk menyerap dan mengidentifikasi semua persoalan. Biar pernah disini sebelumnya, saya juga mesti melakukan penyesuaian,” ujarnya.

Ia mengakui persoalan di bidang pendidikan sangat kompleks, karena tidak mengurusi soal sekolah dan kegiatan belajar mengajar (KBM) tetapi juga personil tenaga kependidikan yang jumlahnya mencapai ribuan orang.

“Orientasi kita pengembangan mutu. Untuk itu prosesnya harus bagus. Kalau akses (pemerataan) sudah sampai daerah terpencil, berbarengan dengan pembangunan infrastuktur jalan. Jadi pekerjaan berat kita sekarang adalah peningkatan mutu,” urainya.

Untuk mencapai peningkatan mutu itu, sambungnya, maka harus dipastikan proses KBM di sekolah – sekolah berjalan baik. Untuk itu guru harus bagus. Caranya dengan peningkatan kompetensi guru.

Karena itu, Mukhlis sudah merencanakan salah satu program prioritas diawal kepemimpinannya adalag pemetaan potensi guru.

“Kita juga akan memprioritaskan memperkuat fungsi pengawas sebagai pemantau proses belajar di sekolah dan tata kelola pendidikan akan ditingkatkan,” pungkasnya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.