Kemenpar Siap Poles Potensi dan Dukung Pelaku Pariwisata Dompu

 

KabarNTB, Dompu – Kementerian Pariwisata berjanji akan memberikan dukungan untuk memoles kawasan SAMOTA (Teluk Saleh, Pulau Moyo, Tambora) menjadi destinasi wisata yang menarik. Deputi Kelembagaan dan Pariwisata Kemenpar RI, Prof Ridwan Amansyah, pada pembukaan Festival Pesona Tambora 2017 di Doro Ncanga, Kabupaten Dompu, juga berjanji memberikan dukungan khusus kepada para pelaku pariwisata di Dompu, berupa pemberian pelatihan dan pembinaan management home stay, pelatihan sadar wisata dan sapta pesona.

“Ini sebagai upaya mendorong percepatan pengembangan destinasi wisata di kawasan Tambora,” kata Prof Ridwan.

Menurut dia, dari potensinya, kawasan geo park Tambora menjanjikan peluang pengembangan usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang besar. Kawasan itu memiliki keindahan alam, culture heritage, nilai-nilai sejarah tentang Tambora (story telling) yang penuh misteri, kuliner, produk lokal (Kopi Tambora, Jagung, Susu kuda liar, madu dan kerajinan rakyat yang indah), SDM dan sumber-sumber pendukung destinasi SAMOTA.

“Semuanya lengkap dan tersedia sesuai persyaratan yang dibutuhkan bagi pembangunan sektor pariwisata. Yang perlu dilakukan, bagaimana membangun potensi kawasan ini menjadi lebih berkembang dan berkelas dunia,” imbuhnya.

Pembangunan pariwisata, menurut Prof Ridwan, memiliki nilai universal yang mampu memacu tumbuhnya sektor-sektor lain dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat. Intinya, ekonomi yang berkelanjutan dan multiplayer effect yang ditimbulkannya merupakan nilai lebih dari pariwisata.

“Setiap wisatawan Nusantara, dalam sekali kunjungannya biasanya membelanjakan uangnya sebesar USD 1.000, sedangkan wisatawan Mancanegara sebesar USD 1500. Uang sebesar itu akan memberikan manfaat kesejahteraan besar bagi masyarakat disekitarnya,” terang mantan akademisi ini.

Sementara Wakil Gubernur NTB, H Muhammad Amin, menyatakan untuk tahun 2017 ini target kunjungan wisatawan ke NTB naik menjadi 3,5 juta wisatawan.

“Sinergitas antara Daerah dan Pusat merupakan sebuah langkah positif dalam pembangunan dan tentu akan memberikan dampak positif bagi pembangunan NTB secara keseluruhan,” katanya.(Bi)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.