Ketua Umum GENPARI Puji Keindahan Kuta Mandalika

KabarNTB, Lombok Tengah – Mendengar nama pantai Kuta umumnya para pecinta pariwisata akan ingat kecantikan pantai Kuta yang berada di pulau Dewata, Bali. Namun kali ini, pantai Kuta yang dimaksud berada di pulau Lombok yang masuk wilayah propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang masih bertetangga sama Bali.

Nama pantai ini sekarang semakin terkenal karena pesonanya. Hal itu diakui Dede Farhan Aulawi, Pemerhati Kepariwisataan yang juga Ketua Umum Gerakan Nasional Pecinta Pariwisata Indonesia (GENPPARI), saat mengunjungi Pantai Kuta.

Ia menyatakan Pantai Kuta Mandalika selain terkenal karena kecantikan alamnya, juga memiliki posisi yang sangat strategis karena relatif sangat dekat dari bandara internasional Praya, Lombok. Termasuk juga sangat dekat dari Desa wisata Sade yang merupakan desa yang masih memelihara adat istiadat suku Sasak yang merupakan suku asli masyarakat Lombok.

Ketua GENPARI Dede Farhan Aulawi (tengah) saat herkunjung ke Kuta Mandalika

“Apalagi akan ada sirkuit internasional MotoGP, maka otomatis pantai ini akan semakin terkenal. Untuk mencari penginapan di sekitar pantai juga tidak sulit, karena di sana banyak sekali hotel atau penginapan yang tersedia,” ujar Dede menjelaskan.

Dede juga menyinggung legenda tentang pantai Kuta yang menjadi cerita turun – temurun warga setempat. Dimana zaman dulu ada seorang putri bernama Putri Mandalika yang sangat terkenal kecantikannya. Karena sangat cantik, banyak pria yang tertarik dan ingin menikahinya. Namun sang Putri bingung dan tidak bisa mengambil keputusan karena banyaknya pelamar yang ingin mempersunting dirinya. Putri Mandalika akhirnya memutuskan terjun ke laut.

Sebelumnya sang putri bersumpah bahwa ia akan tetap datang setahun sekali. Rambutnya yang panjang kemudian dipercaya menjadi cacing laut ‘Nyale’. Oleh karena itu sekali dalam setahun diadakan upacara Sasak di desa Kuta ini, yang disebut upacara Bau Nyale, yang mana dalam upacara ini para pelaut mencari cacing Nyale di laut.

“Selain legenda Putri Mandalika itu, Pantai Kuta juga memiliki garis pantai yang sangat panjang dan indah. Pasirnya putih dan warna air lautnya masih sangat jernih, ditambah oleh pemandangan bukit – bukit kecil yang unik,” ungkapnya.

“Garis pantainya mirip seperti pantai Cox Bazar di Bangladesh, tetapi keindahannya tentu jauh lebih indah pantai Kuta Mandalika. Jadi tidak heran, banyak sekali orang asing yang suka berjemur di sepanjang pantai,” imbuh Dede.

Sejalan dengan program GENPPARI untuk memajukan pariwisata Indonesia, Dede berjanji akan membantu mempromosikan Kuta Mandalika ke berbagai negara.

“Mudah – mudahan akan semakin banyak wisatawan yang berkunjung menikmati pesona alam pantai Kuta Mandalika, sehingga masyarakat disana pun bisa lebih sejahtera,” pungkasnya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.