Komisi I Minta Masyakat Ikut Awasi Program Desa yang Bersumber dari ADD

KabarNTB, Sumbawa – Komisi I DPRD Sumbawa, meminta masyarakat untuk ikut aktif mengawasi program pembangunan di desa yang dialokasikan melalui Alokasi Dana Desa (ADD).

Anggota Komisi I DPRD Sumbawa, Fraksi partai Golkar H. Nurdin Marjun, mengatakan, pengawasan oleh masyarakat penting untuk memastikan kualitas pelaksanaan program sesuai yang disyaratkan.

Menurutnya, Apa yang dilakukan oleh sebagian besar pemerintah desa, terkait transparansi pengelolaan ADD sudah baik.

“Akan tetapi bukan sebatas itu saja, meski transparansi anggaran sudah dilakukan kepada masyarakat melalui pertemuan dan pemasangan papan informasi, namun jika tidak dibarengi dengan praktek pengawasan lapangan, maka apa yang diharapkan tidak akan berjalan sebagaimana yang diharapkan,” ujar H Nurdin, kepada KabarNTB, Selasa 31Oktober 2017.

Pengawasan terhadap pengunaan ADD bukan saja dilakukan oleh aparat penegak hukum, Inspektorat dan pemerintah Kecamatan dan BPD saja, namun masyarakat yang merasakan langsung dampak dari program yang dilaksanakan  dari ADD itu sendiri yang berperan penting melakukan pengawasan.

“Jika fungsi pengawasan khususnya dalam pelaksanaan pengunaan ADD telah berfungsi dan dilaksanakan dengan baik, maka hasil yang akan diharapkan akan membawa manfaat yang baik juga untuk jangka panjang,” jelasnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.