Komisi III Desak Pemda Prioritaskan Perbaikan Jalan di Selatan Sumbawa

KabarNTB, Sumbawa – Komisi III DPRD Sumbawa meminta pemerintah daerah melalui Dinas Tekhnis untuk segera memperbaiki kerusakan ruas jalan di wilayah selatan.

Sekretaris Komisi III, Agus Salim ‘Okak’, mengatakan, perbaikan itu penting agar roda ekonomi diwilayah tersebut bisa berjalan lancar.

Dijelaskan Agus Okak, dari pantauan lapangan Komisi III, dari sejumlah jalan kecamatan yang ada saat ini, kecamatan yang ada di wilayah selatanlah yang titik kerusakannya sangat banyak jika dibandingkan dengan kecamatan-kecamatan lainnya di Kabupaten Sumbawa.

Kondisi salah satu ruas jalan di Selatan Sumbawa

“Dengan demikian, sudah saatnya pemerintah daerah melalui Dinas Terkait untuk segera memikirkan permasalahan tersebut, lantaran akses jalan merupakan kebutuhan masyarakat untuk menggerakkan perekonomian serta hal-hal yang lainnya,” ujar Agus Okak, senin 25 Juni 2018.

“Kalau jalan rusak, masyarakat jelas akan kesulitan dalam menjual hasil pertaniannya atau ada kenaikan dalam biaya operasional. Demikian juga dengan aktifitas sosial kemasyarakatan lainnya, seperti sulitnya menolong masyarakat yang terkena musibah sakit, karena harus menempuh waktu yang lama untuk berobat lanjut ke kota kabupaten,” tambahnya.

Lebih jauh dijelaskannya, meski jalan menuju ke beberapa kecamatan di wilayah selatan sumbawa banyak yang telah rusak, bukan berarti pemerintah harus mengesampingkan jalan-jalan rusak di wilayah kecamatan lainnya.

”Dinas harus memberikan prioritas untuk kondisi jalan yang sangat parah terlebih dahulu, baru dilakukan pengerjaan bagi kondisi yang rusak tidak terlalu parah,” tegasnya.

Komisi III dalam hal ini, selain meminta kepada dinas tekhnis, juga telah melakukan koordinasi dengan pihak Bina Marga Provinsi NTB dalam mencari solusi untuk perbaikan sejumlah kerusakan jalan yang ada di Kabupaten Sumbawa. Komisi III menurutnya, mendapat respon baik dari pihak Bina Marga Propinsi serta berjanji akan membantu dan mencari solusi terkait permasalahan tersebut.

“Saya berharap pihak dinas segera memetakan titik kerusakan yang ada di kabupaten Sumbawa, hal itu penting agar pihak Legislatif juga bisa mengetahui dan menjadi tolak ukur dalam pembahasan antara Eksekutif dan Legislatif dalam mencari solusi bagi kepentingan masyarakat kedepan,” tandasnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.