Komisi III Sesalkan Dishub, Pintu Masuk Kota Sumbawa Tidak Ada Portal

KabarNTB, Sumbawa — Komisi III DPRD Sumbawa menilai Dinas Perhubungan terkesan lalai dan tidak jeli terhadap keberadaan portal yang ada di setiap simpangan atau pintu masuk kota yang telah lama rusak dan sudah tidak berfungsi lagi.

Pasalnya jika kondisi tersebut berlarut dibiarkan, maka kerusakan jalan tidak bisa dihindari.

Ketua Komisi III DPRD Sumbawa, Rusli Manawari, mengatakan, kondisi sejumlah portal yang ada sudah tidak layak lagi atau rusak. Bahkan ada yang sudah roboh bekas hantaman kendaraan besar yang sengaja ingin masuk ke jalur dalam kota.

Kondisi salah satu portal di pintu masuk Kota Sumbawa

Kondisi inilah yang nantinya berakibat pada rusaknya ruas jalan dalam kota akibat tidak mampu menahan beratnya muatan dari kendaraan besar tersebut.

“Sudah tentu beban jalan akan bertambah lantaran tidak bisa menahan beratnya muatan dari kendaraan besar. Akibatnya terjadi kerusakan yang harus menelan anggaran setiap tahun dan ini tidak boleh dibiarkan berlarut,” ujar Rusli.

Dirinya berharap, pada APBD mendatang, agar perbaikan portal oleh dinas Perhubungan dianggarkan dalam pembahasan APBD. Itu penting agar tidak terjadi kerusakan jalan dan tertibnya lalu lintas kendaraan besar di jalan yang telah ditentukan.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Abdul Azis membenarkan bahwa pihaknya belum mengajukan anggaran untuk perbaikan maupun pembangunan sejumlah portal. Namun ia mengaku telah berkoordinasi dengan seluruh bawahannya untuk segera menginventarisir, termasuk juga item-item pengerjaan lain yang menyangkut kepentingan umum untuk nantinya diajukan ke DPRD Sumbawa untuk dibahas.

Disetiap portal, pihaknya akan membangun pos untuk menjaga setiap kendaraan besar yang ingin masuk ke dalam kota.

“Insya Allah tahun depan itu akan kami ajukan ke TAPD sebab tahun ini item tersebut kami tidak masukkan,” ungkap Aziz.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.