Kota Mataram Siap Hadapi Cuaca Ekstreem

KabarNTB, Mataram — Pemerintah  Kota Mataram, menyatakan kesiapan menghadapi cuaca ekstrem dan potensi bencana yang mungkin timbul.  Seperti diketahui cuaca ekstreem diperkirakan akan melanda sebagian besar wilayah Indonesia.

Kesiapan itu dipastikan dalam rapat siaga bencana yang dipimpin oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, L. Martawang,  Senin 4 desember 2017 yang dihadiri oleh Staff Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik M. Saleh , beberapa kepala OPD terkait seperti BPPD, Dinas Perkim, PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Kabag Organisasi, Kabag Pemerintahan dan para Camat se-Kota Mataram.

“Kota Mataram sepenuhnya siap  menghadapi cuaca ekstrem dani segala bentuk bencana yang mungkin akan timbul seperti banjir dan angin kencang,” ujar L Martawang.

Rakor antisipasi dampak cuaca ekstrem  Pemkot Mataram

Antisipasi bencana telah mulai dilakukan oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman beserta Satpol PP dengan melakukan pemangkasan pohon-pohon yang sekiranya menimbulkan gangguan saat hujan dan angin.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Kota Mataram sebagai Koordinator Lapangan (Korlap) bencana, bertugas mengkoordinir pelaksanaan kesiaga bencanaan yang akan terjadi di Kota Mataram.

BPPD bersiap membangun posko bencana di tempat strategis dan akan mendirikan posko darurat di halaman pendopo Walikota bila diperlukan.

“Hal ini penting dilakukan bila bencana harus ditangani cepat,” imbuhnya.

Lebih jauh Martawang mengungkapkan bahwa skala kebencanaan yang terjadi di Kota Mataram harus segera ditangani oleh Korlap melalui koordinasi dengan Camat dan Lurah di daerah bencana.

Camat di instrusikan cepat tanggap dalam menanggulangi bencana yang terjadi di wilayahnya dan segera menginformasikan kejadian terkini kepada Korlap.

“Semua kita kerahkan untuk antisipasi bencana,” demikian L. Martawang.(By)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.