Masjid Darurat Dibangun Rumah Zakat dan Warga di Tanjung

KabarNTB, Lombok Utara – Rumah Zakat (RZ) bersama warga bergotong royong mendirikan masjid darurat di Dusun Kandang Kaoq-Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara-NTB. Selain itu Rumah Zakat juga telah mendirikan enam bilik fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) bagi warga terdampak di wilayah tersebut.

“Untuk masjid darurat ini, materialnya sangat sederhana, yaitu menggunakan kayu, bambu dan terpal saja. Kebetulan, kami juga sudah mendirikan MCK ada enam bilik (Mandi Cuci Kakus, Red),” demikian dikatakan Koordinator Relawan Rumah Zakat Wilayah NTB, Repi kepada media ini, Ahad 19 Agustus 2018.

Puluhan anak terlihat gembira bermain dalam kegiatan trauma healing yang dilaksanakan para Guru Garis Depan Kabupaten Lombok Tengah di lokasi pengungsian

Khusus masjid darurat tersebut kata dia, bisa menampung jama’ah hingga ratusan orang. Dengan demikian, warga muslim yang menjadi korban gempa tetap bisa menjalankan kewajibannya di tengah kondisi bencana.

“Masjid darurat ini memang sudah lama kita dirikan. Tapi, Alhamdulillah sampai sekarang tetap terus digunakan warga. Malah warga juga terlihat sangat rajin dan taat beribadah,” ujarnya.

Peristiwa gempa susulan yang berulang kali terjadi di Lombok berdampak pada kondisi psikologis warga. Mereka belum berani masuk ke bangunan permanen karena khawatir akan terjadi gempa susulan.

“Semoga dengan adanya masjid darurat ini bisa menjadikan salah satu tempat untuk menenangkan diri bagi para warga yang masih trauma. Semoga trauma mereka bisa berangsur pulih” kata Rapi sembari menambahkan, pihaknya juga terus berupaya mendirikan fasilitas lainnya seperti Shelter atau hunian sementara bagi korban gempa.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.