Mega Proyek Bendungan Beringin Sila Mulai Dibangun 3 Januari 2019

KabarNTB, Sumbawa — Pembangunan Bendungan Beringin Sila di Kecamatan Utan Sumbawa, rencananya pembangunannya akan dimulai pada 3 januari 2019 mendatang.

Bupati Sumbawa HM.Husni Djibril, pada acara Sosialisasi Pembangunan Bendungan Beringin Sila dan Pemanfaatan Pasar Utan, Rabu 26 Desember 2018 di Kantor Desa Karang Tengah Kecamatan Utan, menjelaskan, pembangunan Bendungan Beringin Sila dan berbagai fasilitas penunjangnya diperkirakan memakan waktu sekitar 2 tahun.

Wakil Ketua DPRRI, Fahri Hamzah bersama Bupati Sumbawa, Husni Djibril dan Kepala BWS Nusa Tenggara I saat meninjau bendungan Beringin Sila beberapa waktu lalu (foto:PSNews.net)

“Pembangunan ini, termasuk Pasar Utan yang akan selesai pengerjaannya pertengahan tahun 2019 nanti, merupakan hasil dari komunikasi intens dengan pihak-pihak yang memiliki kewenangan di Pemerintah Pusat. Juga berkat kerjasama yang baik antara Pemerintah dan seluruh masyarakat di Kecamatan Utan,” ujar Bupati.

Bupati meminta kepada seluruh masyarakat Kecamatan Utan untuk siap menerima perubahan dan mengantisipasi pelaksanaan mega proyek itu.

“Masyarakat harus mampu menangkap peluang, persiapkan diri untuk bekerja, untuk bisa jadi pengusaha, jangan hanya berfikir untuk menjadi buruh. Berdayakan dan geliatkan kembali UMKM seperti usaha kerupuk kulit, urai-urai, sebagai uapaya untuk mengentaskan kemiskinan, sehingga masyarakat di Kecamatan Utan menjadi masyarakat maju, dan mampu bersaing dengan masyarakat dari kecamatan lain di Kabupaten Sumbawa” ucap Bupati.

Demikian juga Kepada Toga Toma dan masyarakat yang hadir, Bupati meminta untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Utan tentang pembangunan Beringin Sila.

Proyek pembangunan Bendungan Beringin Sila sendiri menelan anggaran mencapai lebih dari Rp. 1,7 triliun. Dengan beroperasinya bendungan tersebut, Bupati berharap, bukan sekedar menghidupkan program pertanian, tetapi bisa memberi multiplayer effect bagi pengembangan sektor pariwisata dan sektor-sektor lainnya.

Sebelumnya, Camat Utan Muhammad Nur, menyampaikan bahwa dukungan Ketua Gabungan P3A, Ketua P3A, Ketua kelompok tani, malar dan masyarakat Kecamatan Utan terhadap pembangunan Bendungan Beringin Sila sangat besar.

Hal tersebut dapat dilihat dari pernyataan tertulis yang dibuat untuk mendukung dan mengamankan pembangunan Bendungan Beringin Sila. Upaya-upaya yang telah dilakukan untuk meminimalisir permasalahan di Bidang Pertanian yaitu untuk mencukupi ketersediaan air, dengan melakukan rapat pola tanam dalam penentuan jadwal tanam dan jenis tanaman terhadap luas areal yang diairi dengan melibatkan stakeholder terkait.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.