Membangun Karakter Siswa Lewat Permainan Rakyat di HUT ke-63 SMK PPN Mataram

KabarNTB, Mataram – Ratusan siswa memenuhi halaman Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK PPN) Mataram. Mereka nampak riang, terlibat dalam berbagai permainan rakyat yang saat ini sudah jarang dimainkan siswa – siswa seusia mereka.

Aneka permainan rakyat itu sebelumnya populer bagi generasi jauh sebelum mereka dan akibat perkembangan tekhnologi informasi yang sangat pesat, kini sudah jarang ditemui.

Ratusan siswa beserta para guru itu sengaja ikut ambil bagian dalam lomba permainan rakyat tradisional untuk merayakan HUT SMK PPN ke 63 Tahun.

Berbagai jenis permainann tradisional telah dipersiapkan oleh panitia diantaranya permainan selodor, sendok kelereng, kereta balon dan lain -lain.

Kegiatan yang diselanggarakan, Sabtu 17 Nooember 2018 itu berlangsung meriah.
Guru-guru beserta siswa yang terlibat terlihat sangat antusias dan menikmati.

Momen ini juga dipergunakan beberapa orang guru untuk memperdekat hubungan antara siswa sebagai peserta didik dengan guru sebagai pendidik.

“Permainan tradisional dan permainan kerakyatan ini bagus untuk membangun karakter dan menumbuhkan budaya gotong royong kepada siswa – siswi selain itu juga untuk lebih mendekatkan siswa dengan gurunya” ujar Reza Zulaifi peserta lomba yang juga guru BK di sekolah tersebut.

Dia menjelaskan kegiatan semacam ini juga untuk mengajak siswa-siswi dan para guru agar mengenal kembali bahwa Indonesia memiliki berbagai jenis permainan tradisional yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mengandung nilai-nilai kebersamaan yang tinggi.

Selain permainan tradisional Panitia HUT SMK PPN Mataram, juga melaksanakan beragam kegiatan lain yang diselenggarakan selama satu bulan kedepan seperti kegiatan kerohanian, hiburan dan seminar.

Seluruh kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari Jum’at dan Sabtu agar tidak mengganggu proses belajar mengajar.(LM Anshori)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.