photo iklan kabar_zps4jbmzyel.jpg

Menakar Calon Bupati Sumbawa Barat 2015

Pemilihan Bupati Sumbawa Barat 2015 dijadwalkan berlangsung 9 Desember mendatang, namun hingga saat ini Calon Bupati dan Partai Politik (Parpol) masih kasak kusuk menemukan dan menentukan pasangan yang benar-benar pas untuk ditawarkan dalam suksesi mendatang.Sejumlah calon masih klaim mengklaim dukungan Parpol lantaran belum ada legalitas resmi, sementara sejumlah Parpol itu sendiri ada yang masih berpolemik tentang kepengurusan yang sah.Media mencatat sejauh ini belum ada calon yang mendominasi, kandidat yang tampil kepermukaan memiliki kans yang sama menjadi pemimpin Sumbawa Barat 5 tahun mendatang.Berikut sejumlah kandidat Cabup KSB yang beredar dalam catatan Media Kabar.

Dr. Ir. W Musyafirin,MM (Sekda KSB) – Banyak yang berasumsi jika Pilbup dilaksanakan saat ini, maka Firin (F1) sapaan akrab Sekda KSB ini sebagai pemenang. Tengok saja bagaimana tim pendukungnya telah dibentuk dan hampir tiap malam selama 1 tahun terakhir  setia mendatangi kediaman sang Calon, bahkan Firin sendiri tak jarang turun ke tengah masyarakat.Konon dari para pendukungnya telah terkumpul KTP hingga diatas angka 30 ribu.

Mengenai calon pendampingnya, nama Fud Syaifuddin akhirnya menjadi jawaban.Hasil survey LSI yang diumumkan Koalisi Parpol pengusung pecan lalu menyatakan, anggota Dewan dari PBB ini memiliki tingkat elektabilitas tinggi dan dipercaya bisa makin melambungkan posisi Firin sebagai pemenang.

PDIP, PBB, PKPI dan PPP dikabarkan telah sepakat mengusung Firin, namun belakangan PAN yang sebelumnya merapat ke F1 mundur menyusul kadernya tidak dipilih sebagai Cawabup, sebagai Parpol yang merasa sebagai pemenang PAN berencana membentuk poros baru dan membuka penjaringan ulang.Apakah F1 kembali akan ikut penjaringan, semuanya masih berproses.

Drs,H.Mala Rahman (Wabup KSB) – Dua kali progress report dihadapan rakyat Sumbawa Barat, Mala Rahman menyatakan sikap maju dalam Pilbup mendatang.Sebagai Wabup, Mala Rahman memiliki semangat ingin melanjutkan apa yang telah dimulai dan memperbaiki apa yang masih dirasakan kurang selama 10 tahun mendampingi Kyai Zul sebagai Bupati KSB.

Menurutnya, ibarat sebuah perjalanan ia merasa telah memahami apa yang akan dilalui sebagai Kepala daerah mendatang jika diberikan amanah.Selama ini dirinya mengaku sebagai Wabup telah menjalankan tugas dengan harmonis mendampingi Bupati tanpa polemic dan melangkahi tugas seorang Kepala daerah seperti umumnya terjadi di daerah lain.Sebagai pembuktian bahwa dirinya mampu memimpin dan melanjutkan apa yang telah digalakkan KSB selama ini, ia memiliki obsesi memimpin sebagai Bupati hanya selama 1 periode kedepan.

Karena itu untuk menuju suksesi mendatang, Mala Rahman dikabarkan akan menggandeng Iwan Panjidinata, SE Wakil Ketua DPRD KSB yang juga Ketua DPC Partai Gerindra KSB.Mala Rahman sebelumnya mempercayai Partai Golkar sebagai kendaraan politik utama menuju kursi EA 1 dan Partai Gerindra sebagai kendaraan politik dari sang calon Wakil.

Sementara itu, dukungan bagi Mala Rahman pun ditengah masyarakat tak bisa dipandang sebelah mata.Salah seorang yang mengaku pendukung Mala Rahman kepada media ini mengatakan pihaknya terus bergerilya mensosialisasikan Cabup Mala Rahman dan dinilai positif ditengah masyarakat.Menurutnya pendukung Mala Rahman baru akan kelihatan puncaknya pada saat menjelang tahapan Pilbup berlangsung.

Drs.H.M.Nur Yasin – (Guru/Tokoh Agama) – Ustat Non, demikian nama akrab calon bupati ini disapa.Popularitasnya sebagai tokoh agama selama ini tak terelakkan, hampir seluruh KSB mengenal tokoh yang juga pernah memimpin Komite Pembentukan Kabupaten Sumbawa Barat periode pertama ini.

Sejauh ini kiprahnya jauh dari dunia politik dan dianggap figure yang bersih dimata sebagian kalangan warga KSB serta dianggap figure alternative yang pas memimpin KSB mendatang, ditengah sejumlah nama yang tidak asing selama ini. Cabup yang berasal dari Kelurahan Sampir Taliwang ini merupakan Cabup yang jauh hari telah memiliki pasangan Calon Wakil Bupati, yakni Jhony Hartono tokoh birokrasi KSB sekaligus pengusaha perhotelan.

Ustat Non dan Jhony telah disosilisasikan berpasangan oleh pendukungnya jauh sebelum kandidat lain memiliki pasangan menuju suksesi mendatang, baliho keduanya pun telah dipasang hampir diberbagai sudut keramaiaan wilayah KSB.

Partai Nasdem, Partai Hanura dan PKB sebelumnya dikabarkan akan mengusung pasangan ini, selain itu ustat Non sendiri juga ikut melamar dalam konvensi atau penjaringan sejumlah Parpol seperti Partai Demokrat.

Andy Azisi Amin, SE.M.Sc – (Akademisi/Pengusaha) – Dua kali gagal  sebelumnya, dalam Pilbup mendatang tidak membuat niatnya kendur guna ingin mengabdi bagi daerah kelahirannya Sumbawa Barat.Andy Azisi Amin sebagai sosok yang memahami ekonomi, berambisi mensejahterahkan warga KSB dengan disiplin ilmu yang diperoleh hingga negeri paman sam Amerika Serikat.

Hampir semua Parpol yang membuka kesempatan penjaringan Cabup, Bang Andy sapaan akrab tokoh yang satu ini ikut mendaftar.Pada Pemilu sebelumnya perolehan suara Andy Azis selisih tidak terlalu jauh dari sang pemenang, sejumlah pengamat berasumsi jika 40 persen saja pendukung setianya kembali suaranya diberikan baginya, maka figure yang satu ini bisa meraih kemenangan, apalagi masih ada waktu untuk bersosialisasi maka hal tersebut bukan pepesan kosong.

Drs. Manimbang Kahariady (Politisi/Mantan Ketua DPRD KSB)  – Putra kelahiran Brang Rea yang berdomisili di Jakarta ini dikenal memiliki kedekatan dengan sejumlah petinggi Koalisi Merah Putih dalam kancah politik nasional, Manimbang bahkan beberapa kali sering tampil mendampingi Prabowo Capres sekaligus pendiri Partai Gerindra dalam berbagai kegiatan di sejumlah daerah di tanah air kala itu.

Lepas dari jabatan Ketua DPRD KSB periode pertama, sosok yang dikenal dekat dengan insan pers ini terus mengamati perkembangan daerah kelahirannya Sumbawa Barat, bahkan tidak jarang memberikan masukan positif bagi proses pembangunan yang terjadi selama ini.

Manimbang terpanggil untuk maju dalam bursa Pilbup Sumbawa Barat dan menyatakan sikapnya sudah sejak pertengahan tahun lalu saat media mewawancarainya, bahkan untuk tampil Manimbang terus melakukan komunikasi politik dengan sejumlah Parpol sejauh ini.

Kusmayadi, ST,S.KM,MM (Birokrasi) – Calon yang satu ini paling dianggap konsisten dengan niatnya untuk tampil sebagai Calon Bupati KSB.Bahkan Calon pertama yang menyatakan sikap untuk tampil. Hampir dua tahun lebih bersosialisasi ditengah masyarakat.Niat mensejahterakan petani dan pemerataan pembangunan terutama ekonomi kerakyatan menjadi salah satu misinya untuk diperjuangkan jika diberikan amanah oleh rakyat memimpin KSB.

Baginya menjadi Calon Bupati adalah hak setiap warga KSB, menjadi Cabup menurutnya tidak melulu dengan kesiapan anggaran dalam proses Pilkada, yang penting turun ke tengah rakyat, mencerahkan rakyat merupakan sebuah kewajiban.

Ia pun mengaku tidak takut bersaing dengan calon lain, bahkan menurutnya semakin banyak calon menunjukkan semakin banyak pilihan, rakyatlah yang akan menentukan yang terpenting baginya turun dan turun ke tengah masyarakat seperti yang dilakukannya selama ini.

Pendiri salah satu perguruan tinggi di KSB ini dikabarkan akan menggunakan jalur independent sebagai kendaraan menuju suksesi mendatang.

 photo pe_zpsdy5k5ioo.gif  photo 17634500_1813304802324229_8200602412719590790_n_zpsgxtoe8hs.jpg
Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.