Menengok Kiprah IWAPI NTB, Bina Generasi Muda Wanita Jadi Pengusaha

Mataram, KabarNTB – Dua puluh lima tahun sudah, IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia), sebuah organisasi wanita nasional yang didirikan oleh Dewi Motik Pramono ini berkiprah di Indonesia.

Di Provinsi Nusa Tenggara Barat, IWAPI yang Ketuai oleh Ibu Baiq Diyah Ratu Ganefi yang juga Senator DPD RI dua periode ini, hadir dengan berbagai kegiatan selain social, juga rutin menggelar berbagai pembinaan terhadap wanita agar bisa bersaing di dunia usaha, ditengah minimnya kesempatan kerja.

Minat menjadi pengusaha dikalangan wanita itu diharapkan bisa meminimalisir jumlah pengagguran yang ada.Bagaimana sepak terjang IWAPI di NTB, dalam mengangkat citra wanita dan dunia usaha, berikut petikan wawancara Media Kabar dengan Sekretaris Umum DPD IWAPI NTB, Baiq Nurul Hisan, S.Farm.Apt.

Kabar : Apakabar ibu

Sekum IWAPI : Alhamdulillah sehat

Kabar : Gimana nih dengan IWAPI NTB, apakah kepengurusannya sudah solid di NTB ?

Sekum IWAPI : Ya di NTB, IWAPI sudah memiliki 10 pengurus Cabang (DPC-red) di Kab/Kota, namun memang masih ada 3 Kab/Kota yang masih persiapan dan sebentar lagi kita akan sah kan.

Kabar : Kab/Kota mana saja 3 yang masih persiapan itu ?

Sekum IWAPI : Kabupaten Bima, Kota Bima dan Kab.Dompu.

Kabar : Anggota IWAPI ini umumnya bergerak didunia usaha apa saja bu ?

Sekum IWAPI : Beragam mulai dari pengusaha salon, kerajinan tenun, mutiara, Fashion, hingga batu akik yang kini marak.Mereka anggota IWAPI ini mulai dari pengusaha kecil (Micro) hingga pengusaha besar (Macro)

Kabar : Dalam dunia usaha ini, apakah anggota IWAPI memiliki usaha yang semisalnya banyak digandrungi kaum pria ?

Sekum IWAPI :  Ya seperti saya katakan tadi, jenis usaha para pengusaha yang tergabung dalam IWAPI ini beragam, ada juga anggota kami yang jadi kontraktor yang umumnya bidang usaha pria.

Kabar : Bagaimana seorang bisa menjadi anggota IWAPI ?

Sekum IWAPI : Yang pertama mereka harus punya usaha dulu tentu dengan legalitas seperti punya NPWP, dan badan usaha.

Kabar : Apa keuntungan seseorang gabung IWAPI ?

Sekum IWAPI : Ya tentu dengan sesorang menjadi anggota IWAPI dengan sendirinya ada jaringan yang terbentuk, nah dengan jaringan ini kita bisa sharing kerjasama usaha diantara anggota.

Kabar : Apa saja program kerja IWAPI ?

Sekum IWAPI : IWAPI selain focus dengan kegiatan social juga bidik pembinaan secara merata membangun jiwa entrepreneur secara mandiri, bersinergi dengan Pemerintah

Kabar : Apa saja langkah IWAPI menumbuh kembangkan jiwa entrepreneur dikalangan generasi muda khususnya wanita ?

Sekum IWAPI : Kami sering menggelar semacam seminar usaha, misalnya melibatkan para mahasiswa dengan pembicara yang kami datangkan dari Jakarta sesuai dengan jenis usaha, dalam hal ini kami bekerjasama dengan Kementerian terkait.

Kabar : Apa tantangan IWAPI sejauh ini

Sekum IWAPI : Ya sebagai organisasi non profit, hambatan paling besar dalam menciptakan entrepreneur yang mandiri  kami masih harus menggandeng Pemerintah Daerah.

Kabar : Kami dengar dalam waktu dekat IWAPI akan gelar Expo, Bagaimana konsep acara ini

Sekum IWAPI : Benar kami sedang persiapkan EXPO IWAPI dan ini event pertama kami dalm hal ini, kedepan bisa jadi agenda tahunan.Ini dilakukan dalam rangka menumbuh kembangkan pengusaha mandiri.Expo ini kerjasa IWAPI NTB dan Kota Mataram.

Kabar : Siapa saja peserta Expo dan apa saja jenis usaha yang akan digelar dalam Expo.

Sekum IWAPI : Peserta umum, kami membuka stand disana akan ada usaha kerajinan, kuliner, fashion dan juga batu akik.

Kabar : baik ibu terima kasih atas waktunya.

Sekum IWAPI : Sama-sama. (K-Ir)

 

 

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.