Mengapa Harga Barang Di KSB Mahal

Meski terjadi kenaikan harga BBM sejauh ini secara umum tidak terjadi peningkatan harga barang yang signifikan di KSB, hal ini berdasarkan data dan pantauan dinas perindustrian, perdagangan, koperasi dan UMKM (Disperindagkop UMKM), yang melakukan pengawasan secara berkala.

Namun meski demikian, harga barang secara umum di Kabupaten Sumbawa Barat tergolong mahal jika dibandingkan beberapa wilayah di Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Permasalahan tingginya harga barang yang terjadi selama ini ditenggarai disebabkan terjadi proses transisi ditengah masyarakat yang mulai meninggalkan sector pertanian dan beralih ke masyarakat Industry.

MS Satriawan salah seorang pengamat misalnya menilai, faktor utama yang menyebabkan hal ini terjadi yakni lemahnya perlindungan Negara terhadap petani, suka tidak suka akhirnya masyarakat petani harus menyesuaikan harga barang pelaku industry.

Menurutnya petani saat ini dihantam double persoalan, karena itu khusus di KSB perlu dilakukan pembenahan sector pertanian mulai dari hulu ke hilir.

Persoalan tingginya harga cabe dalam beberapa pecan terakhir yang menembus angka 68 ribu per kilo misalnya, dalam catatan Disperindagkop KSB disebabkan lantaran Cabe yang ada di KSB berasal dari Bima dan sebagian dari Alas.Dimana di dua daerah tersebut terjadi gagal panen, belum lagi ditambah biaya distribusi akibatnya harga pun menjadi naik.

Mengapa kemudian cabe harus didatangkan dari luar daerah, lantaran petani KSB menurut catatan Diskoperindagkop tadi bahwa petani KSB enggan menanam cabe, diakui hanya 10 persen petani yang menanam cabe di daerah ini.

Engganya petani menanam cabe inilah sekiranya mungkin yang dimaksud MS Satriawan yang harus dibenahi tadi, lantaran satu sisi disebabkan biaya produksi yang mahal seperti pupuk dan lainnya, sementara Diskoperindagkop UMKM berasumsi pola tanam masyarakat KSB yang agak susah dan kurang variatif.

Faktor distribusi dan pola tanam KSB nampaknya menjadi dua persoalan, jika pada persoalan distribusi maka pemerintah harus segera memikirkan langkah mempersingkat jalur distribusi barang, harga semen yang melonjak belakangan ini juga sebagai salah satu contohnya.Wallahualam

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.