Menteri Pendidikan Malaysia : “NTB Beruntung Punya Gubernur Doktor Zul”

KabarNTB, Putrajaya – Menteri Pendidikan Malaysia, DR Maszlee Malek, menilai Provinsi NTB beruntung memiliki Gubernur seperti H Zulkieflimansyah (Doktor Zul) yang concern terhadap pendidikan dan peningkatan kualitas SDM lewat inisiasi kerjasama antara LPP NTB dengan perguruan tinggi di Malaysia.

“NTB bertuah mendapatkan Gubernur seperti bapak Zulkieflimansyah,” ungkap Maszlee Malek usai menyaksikan penandatanganan MoU Kerjasama antara LPP NTB dengan 18 perguruan tinggi Malaysia di Putrajaya, Jum’at 23 Agustus 2019 .

Ia meyakini, apa yang dilakukan Gubernur NTB bersama jajarannya memang tidak akan nampak langsunh hasilnya. Melainkan 10, 20 atau bahkan 50 tahun dari sekarang.

DR Maszlee menilai Gubernur NTB juga memberikan sumbangsih berharga bagi penguatan hubungan antara Indonesia dengan Malaysia.

GubernurNTB, H Zulkieflimansyah bersama Menteri Pendidikan Malaysia, DR DR Maszlee Malek

“Beliau dan siswa merupakan aset bagi negara,” imbuhnya.

Apresiasi yang sama juga diungkapkan Rektor Universiti Utara Malaysia (UUM), Prof. Dr. Ahmad Bashawir Haji Abdul Ghani. Ia mengemukakan, terobosan kebijakan mengirimkan mahasiswa belajar ke Malaysia yang digagas Doktor Zul, juga membuka akses lebih luas bagi generasi muda Indonesia untuk memperoleh pendidikan berkelas dunia dengan biaya yang murah.

Bahkan sebagai bentuk penghormatan, Prof. Dr. Ahmad Bashawir berjanji akan memberikan insentif berupa iuran spesial. Tidak main-main, insentif yang diberikan kepada penerima beasiswa asal NTB adalah berupa diskon biaya pendidikan hingga separuh dari biaya normal.

Ini menjadikan biaya pendidikan di UUM bagi para penerima beasiswa ini dapat menjadi lebih murah daripada di Indonesia.

“Sebenarnya lebih mahal. Tapi karena ini inisiatif pak gubernur, jadi kami dengan senang hati membantu dengan harga spesial,” ujarnya.

Sementara Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, mengatakan, para pelajar yang akan dikirim ke Malaysia termasuk para aktivis pelajar.

“Tidak hanya cerdas secara akademis, tapi juga cerdas dalam banyak aspek. Jadi kami berharap di lima atau 10 tahun mendatang, siapapun yang menjadi pemimpin Indonesia, mereka memiliki koneksi dengan Malaysia,” harapnya.

Menanggapi sambutan hangat dar Menteri Pendidikan dan para Rektor, Doktor Zul berharap, Menteri Pendidikan bersama para rektor perguruan tinggi di Malaysia bisa berkunjung ke Lombok untuk menikmati destinasi-destinasi wisata di Lombok.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas sambutan yang luar biasa meriah dari pihak Malaysia.

“Kami merasa terhormat dan merasa dimuliakan dengan hebatnya sambutan yang diberikan Pak Menteri dan jajaran bersama Pak Rektor. Mudah-mudahan kami juga bisa memberikan sambutan dengan hal yang sama seperti ini ketika Pak Menteri datang ke wilayah kami di Nusa Tenggara Barat,” ucap Gubernur.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.