Minggu Depan Satu Lagi Oknum Kades Korupsi Dana Desa Akan Ditahan Polres KSB

KabarNTB, Sumbawa Barat – Penyidik Polres Sumbawa Barat, dalam pekan depan akan kembali menetapkan dan menahan tersangka kasus dugaan korupsi dana desa.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa, kepada KabarNTB di Masjid Agung Darussalam, Kompleks KTC, Taliwang, Jum’at siang 13 September 2019, mengungkap, kasus ini merupakan salah satu dari enam kasus dugaan korupsi dana desa yang sebelumnya ditangani Polres setempat.

“Calon tersangka dalam kasus ini adalah Kepala Desa (Kades) yang akan segera mengakhiri masa jabatannya. Minggu depan akan langsung kita tahan. Sebelumnya kita sudah melaksanakan ekspose bersama Inspektorat,” ungkap Kapolres.

Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Mustofa

Kapolres belum bersedia mengungkap lebih jauh identitas calon tersangka tersebut, termasuk dari desa mana.

“Diantara 23 kepala desa yang akan mengakhiri masa jabatan itu. Etikanya di penanganan kasus korupsi, kita baru bisa mengekspose kalau sudah menetapkan tersangka,”.

“Kalau senin (pekan depan) saya bisa tuntas dengan Inspektorat Provinsi OK, maka selasa langsung kita tahan,” imbuh Kapolres.

Kasus dugaan korupsi yang dilakukan kades dimaksud, terjadi pada tahun 2017. Dari ekspose bersama Inspektorat, kades bersangkutan diketahui telah melakukan pengembalian kerugian negara sebesar Rp 200 juta. Tetapi Inspektorat tetap menghitung kerugian negara tersebut dengan total lose sebesar Rp 700 juta.

Modusnya korupsi dalam kasus ini, sama seperti kasus terdahulu, yakni mark up harga dan pekerjaan fiktif. Dimana dalam dokumen pertanggungjawaban penggunaan anggaran seolah-olah pekerjaan sudah dilaksanakan 100 persen tetapi fakta dilapangan tidak dikerjakan.

Kapolres menambahkan, kasus ini merupakan satu dari dua kasus dugaan korupsi dana desa yang statusnya sudah naik ke penyidikan. Sementara untuk empat kasus lainnya ia memastikan statusnya akan segera naik ke Penyidikan.

“Keenam-enamnya pasti naik. Saya usahakan sampai dengan akhir tahun tiga kasus diantaranya selesai,” tandasnya.

Oknum kades yang akan ditahan minggu depan ini, merupakan oknum kades kedua yang akan dijebloskan ke dalam bui oleh penyidik Tipikor Polres KSB. Sebelumnya pada Agustus lalu, penyidik telah melimpahkan mantan Kades Kemuning, Kecamatan Sekongkang yang menjadi tersangka kasus dugaan korupsi dana desa ke Jaksa. Yang bersangkutan, saat ini ditahan di Lapas Kelas IIA Mataram, menunggu proses persidangan.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.