MUI Sumbawa Barat Minta KH Ma’ruf Amin Segera Mundur dari Jabatan Ketua MUI

KabarNTB, Sumbawa Barat – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), meminta KH Ma’ruf Amin untuk segera mengundurkan diri dari jabatannya selaku Ketua Umum MUI Pusat setelah resmi mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Pilpres 2019.

Desakan mundur itu disampaikan Ketua MUI Sumbawa Barat, KH Syamsul Ismain.

KH Ma’ruf Amin

Kepada KabarNTB, Sabtu pagi 11 Agustus 2018, Kyai Syamsul menyatakan pengunduran diri KH Ma’ruf Amin dari jabatan sebagai Ketua Umum MUI penting untuk menjaga independensi lembaga dimaksud.

“Hal ini untuk menjaga independensi dan netralitas lembaga MUI sebagai pengayom ummat karena MUI sebagai rumah besar seluruh umat Islam dari berbagai kalangan,” ucapnya.

Disamping itu, sambung Kyai Syamsul, permintaan pengunduran diri itu untuk menjaga agar MUI secara kelembagaan tidak terseret kedalam politik praktis.

Menurutnya, sesuai dengan hajat awal pembentukannya, MUI berada di posisi tengah.

“MUI adalah sebagai pemberi nasihat kepada pemerintah dan menjadi penerang buat seluruh Ummat Islam,” timpalnya.

Rencananya dalam waktu dekat MUI KSB akan menyampaikan permintaan untuk mundur ini kepada MUI Provinsi NTB dan MUI Pusat.

Desakan mundur kepada KH Ma’ruf Amin ini, sebelumnya juga telah diposting di akun Facebook Ketua MUI KSB , KH Syamsul Ismain pada Sabtu pagi. Ada pula postingan KH Syamsul Ismain yang menegaskan bahwa keputusan KH Ma’ruf Amin menjadi Cawapres bukan atas nama lembaga MUI tetapi atas nama pribadi karena MUI bukan lembaga politik.

“UNTUK DI KETAHUI BAHWA CAWAPRES PAK JOKOWI BUKAN ATAS NAMA LEMBAGA MUI TAPI ITU ATAS NAMA PRIBADI, MUI BUKAN LEMBAGA POLITIK,” tulisnya.

Seperti diketahui KH Ma’ruf Amin telah resmi mendaftar ke KPU sebagai Cawapres pada Hari Jum’at pagi 10 Agustus 2018. Kyai Ma’ruf menjadi Cawapres mendampingi Capres petahana, Joko Widodo (Jokowi).(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.