Mutasi 75 Pejabat, Bupati Sumbawa Ingatkan ASN Tidak Terbawa Arus di Pilkada

KabarNTB, Sumbawa – Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril menyinggung situasi politik menjelang suksesi kepemimpinan Sumbawa Tahun 2020, dalam sambutannya pada pelaksanaan Mutasi 75 orang pejabat Eselon II, III dan IV yang dilaksanakan Jum’at 27 Juli.

Bupati Husni Djibril mewanti – wanti seluruh ASN di Kabupaten Sumbawa untuk senantiasa menjaga netralitas serta tidak ikut terbawa arus politik dalam Pilkada Sumbawa 2020.

Apalagi Menpan RB telah menerbitkan surat edaran Nomor B/71/M.SM.00.00/2017 tanggal 27 Desember 2017 tentang pelaksanaan netralitas bagi ASN. Hal yang sama juga diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS.

Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril

Disebutkan bahwa ASN yang tidak menjaga netralitas akan dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang hingga berat, antara lain penundaan kenaikan gaji berkala, penundaan pangkat, penurunan pangkat, bahkan pembebasan dari jabatan atau pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai PNS.

“Kita menyaksikan diberbagai media massa dan juga media-media sosial, bagaimana hiruk-pikuk Pilkada Sumbawa sudah mulai mewarnai halaman pemberitaan dan juga akun-akun media sosial. Beberapa nama bakal calon sudah mulai bermunculan dan ramai dibicarakan. Bahkan ada yang secara terang-terangan mensosialisasikan diri dan mulai membangun lobi-lobi politik. Hal ini tentu saja lumrah dalam negara demokrasi,” ucap Bupati.

Karena itu, Bupati mengingatkan seluruh ASN agar senantiasa berhati-hati serta jangan mudah terpengaruh untuk terlibat politik praktis, mengingat beratnya sanksi yang akan diterima.

Namun demikian, ditegaskan pula bahwa meski diwajibkan menjaga netralitas, ASN tetap mempunyai hak pilih, ASN tidak boleh golput. Sebagai warga negara yang baik, ASN wajib menyukseskan pilkada Sumbawa 2020 mendatang, dengan beramai-ramai datang ke TPS untuk memberikan hak suara.

“Mudah-mudahan dengan suara yang kita berikan, akan memudahkan jalan bagi terpilihnya pemimpin yang amanah dan senantiasa berpihak kepada rakyat. Siapapun yang terpilih nantinya, kita berharap semoga dapat melanjutkan pondasi sumbawa hebat dan bermartabat yang telah kita bangun selama ini,” pungkasnya.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.