‘Nimung Rame’, ‘Nganyang Rame’ dan Musik Akustik akan Meriahkan Festival Teba Murin 2017

KabarNTB, Sumbawa – Kegiatan ‘Nimung Rame’ (membuat timung / nasi lemang)  dan ‘Nganyang Rame’ (berburu tradisional) serta pagelaran musik accoustic akan menjadi agenda dalam event Festival Teba Murin tahun 201.

Festival yang namanya diambil dari nama air terjun indah, Teba Murin’ di Kecamatan Lenangguar, Kabupaten Sumbawa, NTB itu, akan dihelat pada 20 hingga 26 Agustus mendatang di desa setempat.

Plt Camat Lenangguar Lud Sahruddin, mengatakan tahun ini merupakan tahun ke-empat festival yang dihajatkan untuk mempromosikan pariwisata, budaya higga adat istiadat masyarakat Kecamatan Lenangguar ini dilaksanakan.

Lud berharap kegiatan festival tahun ini berjalan lancar dan lebih sukses dari tahun-tahun sebelumnya, serta semua pihak ikut mendukung bahkan menghadiri kegiatan yang digelar di beberapa desa di Kecamatan Lenangguar itu.

“Alhamdulillah persiapannya sudah fix. Tinggal kita cek kembali dan gotong royong terakhir khususnya di Teba Murin menjelang kegiatan festival,” katanya, Kamis 11 Agustus 2017.

Air terjun Teba Murin (foto:indonesia-heritage.net)

Festival Teba Murin akan diisi dengan berbagai kegiatan, seperti pentas seni buday ayang akan berlangsung sejak 20 higga 25 Agustus di balai petemuan Desa Lenangguar. Ada juga kegiatan ‘Ramake Rame’ yang digelar 20 Agustus di lapangan depan kantor Camat Lenangguar, dan work shop eko wisata pada 24 Agustus yang dipusatkan di gedung serbaguna intan bulaeng Desa Lenangguar.

Selain itu  juga diadakan pawai budaya pada 22 Agustus di lapangan sepak bola Desa Lenangguar, dilanjutkan pada tanggal 21 Agustus dengan kegiatan nimung rame di Desa Telaga Kecamatan Lenangguar, bazar industry kreatif dan kuliner khas yang dimulai 20 hingga 26 agustus di balai pertemuan Desa Lenangguar.

Yang tidak kalah menarik adalah ‘Nganyang Rame’ yang akan dilaksnaakn pada 23 Agustus di Kuang Beringin Ode Desa Ledang. serta  prosesi upacara adat ‘Jeruk Ai Oram’ atau ‘Turen Benrang’ pada 26 Agustus 2017 di Teba Murin.

Seluruh rangkaian kegiatan akan ditutup pada  26 Agustus 2017 malam yang akan dipusatkan di air terjun Teba Murin sebagai salah satu aset wisata andalan Desa Leangguar,  yang akan diisi dengan pagelaran Teba Murin Coustic (romatic night).

Camat Lud sangat berharap fetival Teba Murin tahun ini semakin memperkenalkan wilayah Kecamatan Lenangguar yang kaya potensi. Baik wisata, budaya maupun adat istiadat. Sehingga ke depan akan semakin banyak orang yang daang ke Kecamatan Lenangguar yang secara tidak langsung juga akan membawa dampak ekonomi di masyarakat. (Yus)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.