NTB Direncanakan Menjadi Sister Province dengan Northern Territory Australia

KabarNTB, Mataram – Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Zulkieflimansyah bertemu dengan Gubernur Northern Territory, Hon Vicky O’ Halloran dalam rangkaian kunjungannya di Australia, Rabu 26 Juni 2019.

Dalam pertemuan yang berlangsung akrab tersebut Doktor Zul dan Vicky O’ Halloran membahas rencana pembangunan sister province (provinsi kembar) NTB – Northern Territory.

Doktor Zul mengungkap sejumlah alasan, kenapa kedua provinsi sangat layak dikembangkan sebagai sister province.

“Secara geografis kita sangat dekat dan memiliki banyak kesamaan,” ungkapnya.

Gubernur NTB, HZulkieflimansyah dalam pertemuan dengan Gubernur Northern Territory, Hon Vicky O’ Halloran

Selain itu, kedua provinsi juga memiliki kesamaan potensi, khususnya dalam bidang peternakan. Northern Territory dikenal sebagai provinsi sentra industri peternakan di Australia. Selain memiliki lahan yang sangat luas, para peternak disana juga mengelola bisnis peternakan mereka secara modern.

Tidak heran peternakan menjadi industri yang maju dan setiap tahun Northern Territory mengekspor ratusan ribu ekor ternak ke seluruh dunia. 800 ribu ekor diantaranya di ekspor ke Indonesia.

Pengembangan sister province diharapkan bisa membawa dampak signifikan untuk sektor peternakan di NTB.

“Dengan menjadikan NTB Sister Province dengan NT Australia akan ada banyak kerjasama dan kegiatan bersama. Dan yang lebih penting ada keinginan bersama untuk menjadi saudara dan keluarga,” ucap Doktor Zul.

Northern Territory sendiri merupakan tetangga terdekat NTB di Benua Australia. Untuk sampai kesana hanya dibutuhkan waktu 1,5 jam penerbangan dari Bandara Internasional Lombok.

“NT dekat dengan kita. Peternak peternak kita harus banyak belajar dan memanfaatkan banyak peluang di NT mumpung dekat sekali dengan NTB. Para peternak di sini siap menerima anak – anak muda kita untuk magang di peternakan-peternakan di sini,” demikian Doktor Zul.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.