Nurdin Ranggabarani Hadir Menghibur Korban Gempa di Pengungsian

KabarNTB, Lombok Utara – Gempa bumi beruntun yang mengguncang Provinsi NTB telah menimbulkan ratusan korban jiwa dan kerusakan infrastruktur yang sangat masive dan ribuan orang mengalami luka – luka  di Pulau Lombok.

Bukan hanya itu, tercatat sebanyak 240.595 jiwa mengungsi akibat gempa 6.4 SR, 7.9 SR dan terakhir 6.2 SR tersebut. Keberadaan para korban di pengungsian ini, adalah persoalan tersendiri yang mesti ditangani semua pihak.

Pasalnya, warga, termasuk anak-anak yang mengungsi mengalami trauma psikis yang sangat mendalam akibat musibah itu. Bahkan banyak diantara mereka yang takut untuk sekedar kembali melihat kondisi rumahnya yang luluh lantak akibat gempa, karena khawatir akan terjadi gempa susulan. Situasi ini telah menyisakan luka dan duka warga NTB.

Nurdin Ranggabarani, bermain bersama anak-anak korban gempa di pengungsian

Ditengah duka yang begitu mendalam,  pada Jum’at sore 10 Agustus 2018, Nurdin Ranggabarani, Anggota DPRD NTB asal Dapil 5 Sumbawa-KSB didampingi Tagana Kabupaten Sumbawa dan Satgas Pramuka Siaga Kwarcab Sumbawa, mengunjungi para korban di lokasi paling parah terdampak gempa.

Disana, Nurdin berkeliling mendatangi beberapa tenda pengungsi dan berinteraksi secara langsung dengan warga yang menjadi korban. Sesekali ia juga terlihat bermain dengan riang gembira bersama anak-anak pengungsi. Dilain kesempatan Nurdin terdiam dengan mimik pilu melihat anak-anak tersebut yang nampak lusuh merasa sangat ketakutan.

Menurut dia, warga terdampak masih sangat trauma akibat gempa. Mereka sangat berharap agar situasi dan kondisi ini segera usai.

“Mereka sangat trauma. Apalagi anak-anak kita disana (KLU). Butuh tim trauma healing terutama bagi anak-anak kita. Tapi, alhamdulillah, ditengah duka mereka saya juga sempat bermain bercanda bersama mereka (menghibur korban gempa). Mereka terlihat begitu senang dan ceria, semoga semua ini cepat berakhir dan semuanya kembali normal seperti sedia kala,” harap politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang akrab disapa NR itu.

Dalam kunjungan itu, NR mewakili Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD NTB yang bekerjasama dengan BPBD NTB, menyalurkan bantuan berupa sembako menggunakan mobil box ukuran besar. Adapun bantuan itu meliputi, air mineral, gula, sabun, mie instan, selimut dan masih banyak lagi.

“Alhamdulillah, bantuan juga sudah tersalurkan di empat kecamatan yaitu di Kecamatan Tanjung, Pemenang, Gunung Sari dan Batu Layar. Proses penyaluran semua berjalan baik dan lancar. Semoga dengan bantuan yang tidak seberapa ini dapat mengurangi beban penderitaan saudara saudari kita,” tutup Nurdin Ranggabarani.

Berdasarkan data update 10 Agustus 2018 yang dihimpun oleh media ini dari pihak BPBD NTB, total korban jiwa mencapai 385 orang. Korban meninggal dunia di KLU sebanyak 334 orang, Lombok Barat 30 orang, Kota Mataram 9 orang, Lombok Tengah 2 orang dan Lombok Timur 10 orang.

Selain itu, jumlah total sementara pengungsi sebanyak 240.595 orang, fasilitas umum terdampak 429, rumah yang rusak berjumlah 7.384 dan 458 prasarana pendidikan terdampak.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.