Pasar Seketeng Dibangun dan Dikelola dengam Standar SNI

KabarNTB, Sumbawa – Kepala Bapenda Kabupaten Sumbawa H Hasan Basri, mengatakan Pasar Seketeng adalah pasar yang pembangunan dan pengelolaannya mengacu pada standar nasional Indonesia (SNI) .

Menurut H Bas, sapaan akarabnya, pasar rakyat modern itu akan dibangun dua lantai yang terdiri dari tiga blok dengan luas keseluruhan bangunan 22.000 meter persegi.

Pasar ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang diantaranya musholla, toilet, yang refresentatif sebanyak 16 unit, pengelolaan Air Limbah(IPAL), akses ramah disabilitas, klinik kesehatan, ATM center, laboratorium POM, ruang pengelola lahan parkir, taman serta fasilitas lainnya.

Penekanan tombol Sirine oleh Bupati dan Forkopimda tanda dimulainya pembangunan Pasar Seketeng

“Pasar ini akan dibangun dua tahap yaitu tahun 2019 dan 2020,” ungkap H Bas dalam acara ground breaking pembangunan Pasar Seketeng, Jum’at 19 Juli 2019.

Tahap pertama saat ini akan dibangun blok B dan Blok C sampai tuntas serta pondasi untuk blok A yang kontraktor pelaksananya dipercayakan kepada PT. Citra Persada KSO selama 6 bulan kedepan yang kontraknya telah dimulai sejak tanggal 20 juni 2019 sampai dengan tanggal 16 desember 2019.

Ia berharap, dengan pembangunan ini, kesan pasar rakyat yang selama ini identik dengan kondisi kotor, becek, kumuh, dan bau akan hilang. Karena pasar ini adalah pasar yang akan dibangun dengan prototype sesuai dengan regulasi menteri perdagangan dengan memperhitungkan sirkulasi udara, pencahayaan, air bersih yang bangunan dan pengelolaannya sesuai dengan SNI pasar rakyat modern. (JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.