PDAM Sumbawa Targetkan Proyek Air Baku Ai Ngelar Dikerjakan Tahun Ini

KabarNTB, Sumbawa –  PDAM Batu Lanteh Sumbawa berencana untuk memanfaatkan air sungai Ai Ngelar di Kecamatan Moyo Hulu dalam tahun 2018 ini, sebagai upaya mengcover seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa dengan pelayanan air bersih.

Menurut Hasanuddin, Direktur PDAM Batu Lanteh, Pemerintah daerah juga telah melakukan pembebasan lahan untuk lokasi pengelolaan air, berupa bak reservoir. Pihaknya juga sudah mempresentasikan di Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara I. Ia berharap proyek tersebut segera dilaksanakan.

“Jika sumber air  Ai Ngelar ini bisa dimanfaatkan, , InsyaAllah seluruh Sumbawa mendapatkan suplay air bersih. Tim propinsi sudah ke lokasi, tinggal kita menunggu realisasi yang direncanakan sesuai dengan hasil koordinasi,” ujar Hasanuddin, kepada KabarNTB, Kamis 11 Januari 2018.

Ia menyatakan untuk tahun 2018 ini, PDAM Batuh Lanteh Sumbawa juga telah mengajukan beberapa program prioritas kepada Pemda untuk ditangani dalam waktu dekat.

“Rencananya banyak yang kita lakukan baik itu pengembangan, penambahan konsumen, juga pengembangan jaringan,” ujarnya.

Saat ini PDAM mengelola air baku Semongkat untuk melayani 4 Kecamatan, yakni kecamatan Moyo Hilir, Moyo Utara, Labuhan Badas, dan Kota Sumbawa. Dengan terealisasinya proyek Ai Ngelar nantinya, maka penambahan debit air baku cukup banyak dan pengembangan-pengembangannya bisa dinikmati masyarakat Sumbawa.

Disamping itu, PDAM juga melakukan pemasangan pompa di kecamatan Lape dan di wilayah kelurahan Brang Bara untuk membantu suplay air kawasan Labuhan Sumbawa.

“Untuk peningkatan Pelayanan, kami meningkatkan jumlah pekerja, mengingat masih ada daerah yang sangat membutuhkan air bersih. Termasuk rencana jaringan pipa air ke wilayah Tanjung Menangis sebagai salah satu kawasan Samota yang disuplay dari Ai Ngelar,” tandas Hasanuddin. (JM)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.