Peduli Korban Gempa, Nurdin Ranggabarani Salurkan Bantuan di Empat Kecamatan

KabarNTB, Mataram – Nusa Tenggara Barat berduka, itulah realitanya. Bermula gempa pada Minggu (29/7) dengan kekuatan 6,4 Skala Richter (SR) yang sempat mengguncang bumi NTB khususnya pulau seribu masjid (Pulau Lombok) menyisakan duka yang mendalam.

Belum habis rasanya trauma, isak tangis, jerit ketakutan bahkan harus menanggung kehilangan orang tercinta. Gempa dahsyatpun menyusul dengan guncangan lebih besar yakni 7 SR pada Minggu (5/8) lalu. Berselang beberapa hari, gempa dengan kekuatan 6,2 SR kembali melanda NTB Kamis (9/8).

Dalam kejadian ini, banyak yang menjadi korban. Ratusan orang telah meninggal dunia, luka-luka, bahkan gedung/bangunan termasuk rumah warga di Kabupaten Lombok Utara (KLU) sebagai wilayah dampak terparah habis terluluh lantakkan. Bukan main, tingkat kerusakan mencapai hingga 90 persen rata dengan tanah.

Menyikapi hal ini, sebagai bentuk kepedulian dengan sesama tanpa berfikir lama, Nurdin Ranggabarani – Anggota DPRD NTB jebolan asal Dapil 5 Sumbawa-KSB langsung terjun ke lokasi terdampak, tepatnya di Lombok Utara dan Lombok Barat untuk memberikan bantuan kepada warga setempat yang menjadi korban gempa bumi.

Nurdin Ranggabarani bersama tim TAGANA Sumbawa menurunkan bantuan di wilayah terdampak gempa

“Sebenarnya pada Kamis (9/8) kemarin, kita sudah setengah perjalanan untuk mengantarkan bantuan. Tapi, karena kondisi (akses jalan rusak) yang tidak memungkinkan terpaksa kembali lagi. Alhamdulillah, tadi sore (Jum’at 10 Agustus 2018) bantuan akhirnya dapat tersalurkan,” ungkap Pimpinan Komisi IV DPRD NTB ini kepada www.kabarntb.com, Jum’at malam 10 Agustus 2018 di Mataram setibanya di rumah usai menyerahkan bantuan.

Bantuan sembako yang tersalurkan ini dikatakan pria kelahiran asal Sumbawa ini, merupakan hasil kerjasama Komisi IV DPRD NTB bersama BPBD NTB. Adapun bantuan itu disebutkannya, yakni antara lainnya berupa air mineral, gula, sabun, selimut, mie instan dan masih banyak lagi.

Bantuan tersebut kata NR akrabnya ia disapa, telah diserahkan di empat titik kecamatan yaitu meliputi Kecamatan Batu Layar, Gunung Sari di Lobar. Dan dua lainnya di KLU yakni Kecamatan Tanjung dan Pemenang. “Jadi bantuan ini kita bawa menggunakan mobil box berukuran besar, dan semuanya kita salurkan di empat kecamatan tersebut,” terang politisi asal PPP yang di kenal vocal ini.

“Mungkin bantuan ini tidaklah seberapa, kami hanya ingin berbagi dan sedikit meringankan beban penderitaan mereka. Karena di situasi seperti ini, mereka sangat membutuhkan kita. Semoga bermanfaat,” demikian tambah Nurdin Ranggabarani yang juga akan maju ke Senayan (DPR RI) bertarung melalui Dapil NTB I – Pulau Sumbawa.

Untuk diketahui, berdasarkan data update 10 Agustus 2018 yang dihimpun media ini dari pihak BPBD NTB. Total korban jiwa mencapai 385 orang, diantaranya meninggal dunia di KLU sebanyak 334 orang, Lombok Barat 30 orang, Kota Matara 9 orang, Lombok Tengah 2 orang dan Lombok Timur 10 orang.

Selain itu, jumlah total sementara pengungsi berjumlah 240.595 orang. Adapun fasilitas umum terdampak sebanyak 429, rumah rusak 7.384 dan 458 prasarana pendidikan terdampak.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.