Pembelian Hewan Qurban oleh ACT di Sumbawa Dongkrak Ekonomi NTB

KabarNTB, Sumbawa – Ratusan ekor hewan qurban dibeli dari Kabupaten Sumbawa oleh Masyarakat Relawan Indonesia – Aksi Cepat Tanggap (MRI ACT) Wilayah NTB, untuk disalurkan bagi masyarakat miskin di wilayah Jakarta dan korgan gempa Lombok.

Pengiriman ratusan ekor hewan qurban itu dilaksanakan pada Kamis 16 Agustus dari Pelabuhan Badas Sumbawa yang dilepas langsung oleh Wakil Bupati Sumbawa, H Mahmud Abdullah.

Ketua MRI ACT Wilayah NTB, Lalu Muhammad Alfian menjelaskan,pembelian ternak dari Sumbawa sekaligus mengangkat ekonomi masyarakat NTB, yakni dengan meningkatkan nilai jual ternak. Tahun 2018 ini, kata dia,  ACT juga bekerjasama dengan pemerintah DKI Jakarta untuk mengadakan ternak yang berasal dari Kabupaten Sumbawa.

“Jadi jumlah ternak yang dikirim dari Kabupaten Sumbawa berjumlah 454 ekor, dengan rincian 303 ekor untuk Jakarta dan 101 ekor untuk membantu korban Gempa di Lombok dan 50 ekor untuk Kabupaten Sumbawa,” terang Alfian.

Acara pelepasan pengiriman ternak itu turut dihadiri oleh Anggota DPRD NTB, Johan Rosihan yang sekaligus mendampingi ACT.  Johan juga merupakan bagian dari Relawan ACT yang aktif dalam kegiatan sosial kemanusiaan, termasuk di momentum Hari Raya Idul Adha setiap tahunnya, terutama di Sumbawa.

Menurut Johan, kegiatan pembelian hewan qurban oleh ACT itu, awalnya adalah kerjasama ACT dengan Pemprov DKI. Lantaran terjadinya gempa di NTB, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengarahkan sebagian sapi Qurban bagi korban gempa di Lombok.

“Program ini juga kami harapkan sebagai penegasan, bahwa Sumbawa adalah salah satu lumbung ternak nasional,” demikian Johan Rosihan yang juga Ketua Komisi III DPRD NTB ini menambahkan.(JK/VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.