Pemerintah Diminta Tidak Persulit Masyarakat Terkait Bantuan Stimulan Korban Gempa

KabarNTB, Mataram – Pemerintah pusat diminta untuk segera merealisasikan bantuan yang telah dijanjikan kepada para korban gempa di NTB. Bantuan itu antara lain dana stimulan rehabilitasi dan rekonstruksi rumah korban gempa dari pemerintah dengan nominal bervariasi sesuai dengan tingkat kerusakan yang dialami.

Anggota Komisi V DPRD NTB, Hj Suryahartin, mengatakan,  banyak isu yang merebak terkait bantuan tersebut yang hingga kini belum juga direalisasikan. Selain itu, proses yang harus dilalui korban gempa NTB dalam mendapatkan bantuan tersebut juga dinilai terlalu rumit.

“Masyarakat jangan dipersulit, kasihan mereka. Jangan tambah kesusahan mereka. Seharusnya pemerintah lebih memudahkan proses penyaluran (bantuan),” ujar Suryahartin, Senin 1 Oktober 2018 di Mataram.

Seorang ibu korban gempa Lombok bersama anaknya di pengungsian

Anggota DPRD NTB dari Dapil Lombok Timur ini juga menyoroti berbagai persoalan lain yang hingga kini masih menjadi tanda tanya. Ia mencontohkan masalah pendataan yang belum sempurna terhadap masyarakat terkait kerusakan rumah. Dimana kerusakan berat terdata masuk dalam hitungan rusak ringan dan sedang.

“Hal ini perlu diwaspadai sehingga tidak menimbulkan persoalan baru dikemudian hari. Untuk itu pemerintah diharapkan lebih fokus dalam mendata tiap rumah warga yang mengalami kerusakan,” timpalnya.

Ia juga berharap pemerintah segera bersikap dalam menangani sejumlah persoalan lain, termasuk musim penghujan yang tidak lama lagi akan tiba dan mulai maraknya penyakit yang menyerang para korban gempa dilokasi pengungsian.

“Musim penghujan sebentar lagi tiba, pemerintah harus segera mendirikan hunian sementara (Huntara) bagi saudara/i kita,” tuturnya.

“Saya harap perhatian pemerintah pusat jangan sampai kendor dengan kita (di NTB), apalagi dengan adanya persoalan baru bencana yang melanda Palu dan Donggala. Kita harap disinilah peran pemerintah harus berlau adil tanpa mengabaikan daerah terdampak lainnya termasuk NTB sendiri,” demikian Hj Suryahartin.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.