Pemkot Mataram Launching Aplikasi PARTNeR

KabarNTB, Mataram – Plt. Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana meluncurkan aplikasi berbasis android yang memungkinkan masyarakat Kota Mataram untuk mendapat akses dan kemudahan dalam mencari produk-produk hukum Kota Mataram, serta dapat ikut terlibat dalam pembentukan Peraturan Daerah.

Aplikasi hasil inovasi Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Mataram bernama Aplikasi PARTNeR (Partisipasi Rakyat Terhadap Pembentukan Regulasi), diluncurkan sekaligus pada saat pelaksanaan Apel Senin di Halaman Kantor Wali Kota Mataram pada Senin (05/03/18), dihadapan seluruh jajaran pemerintahan Kota Mataram peserta apel.

Menurut H. Mohan Roliskana, sebagai bentuk pelaksanaan tata pemerintahan yang baik, Pemerintah Kota Mataram ingin memastikan semua elemen masyarakat Kota Mataram mendapatkan akses untuk ikut terlibat dalam pembentukan Peraturan Daerah serta kemudahan dalam mencari produk-produk hukum Kota Mataram. Apalagi Kota Mataram yang tengah mengembangkan konsep Smart City berbanding lurus dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi dan tingginya penggunaan internet oleh masyarakat.

Plt Walikota Mataram, H MOhan Roliskana menekan tombol peluncuran aplikasi PARTNer

“Sudah seharusnya masyarakat tidak hanya melek teknologi, tapi juga melek regulasi,” ucapnya.

Melalui aplikasi PARTNeR lanjut Mohan, masyarakat dengan mudah dapat mengakses berbagai regulasi yang diterbitkan oleh Pemerintah Kota Mataram seperti Perda, Perwal, dan Program Pembentukan Perda, yang kesemuanya tersambung dengan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) yang tersedia di www.mataramkota.go.id.

Selain itu peran serta masyarakat untuk terlibat dalam pembentukan regulasi akan lebih tepat dan memadai jika penyerapan aspirasi masyarakat dilakukan untuk bisa memahami keberagaman nilai dan norma yang berlaku.

“Dengan demikian regulasi akan hadir memenuhi kebutuhan masyarakat dan bisa memberikan payung hukum yang berpihak pada masyarakat”, tutupnya.

Sementara dijelaskan oleh Kepala Bagian Hukum Setda Kota Mataram Mansur, Aplikasi PARTNeR dapat di download melalui Playstore mengunakan HP berbasis android. Aplikasi tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah mengembangkan mekanisme yang memungkinkan pelibatan masyarakat secara efektif, bahkan dapat memberi masukan atau berdiskusi secara langsung dengan dinas-dinas terkait mengenai regulasi yang diterbitkan oleh Pemerintah Kota Mataram.

Saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan seluruh OPD di lingkup Pemerintah Kota Mataram terkait aplikasi yang baru saja diluncurkan, agar masing-masing OPD benar-benar dapat memahami penggunaan aplikasi untuk mendukung penerapannya ditengah masyarakat.(By)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.