Pendaftaran Rekrutmen CPNS KSB Dibuka Mulai Hari Ini

Taliwang,KabarNTB – Setelah diumumkan sejak 17 September kemarin, maka mulai hari ini (Jum’at-Red) Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat melalui Badan Kepegawaiaan Pendidikan dan Pelatihan (BK-Diklat) membuka pendaftaran rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014.

Pendaftaran rekrutmen CPNS kali ini dilakukan dalam dua tahap yakni pendaftaran online melalui website Panselnas Menpan dan setelah itu baru dilakukan penyampaiaan berkas administrasi yang ditujukan kepada Bupati Sumbawa Barat melalui kantor pos dan giro.

“ Waktu pendaftaran online dan penyampaiaan berkas ini sama yakni mulai tanggal 19 september hingga 3 oktober 2014, dan ini serempak diseluruh Kabupaten/Kota termasuk untuk pelamar pemerintah propinsi Nusa Tenggara Barat” terang Malik Nurdin Kepala BK-Diklat KSB.

Ada sebanyak 114 formasi jabatan yang bisa dilamar oleh peserta seleksi CPNS di KSB untuk tahun ini, dari jumlah tersebut sebanyak 7 formasi dibuka khusus untuk putra daerah Sumbawa Barat dengan syarat peserta menunjukkan KTP Sumbawa Barat.

Menurut Malik Nurdin, tujuh formasi tersebut berdasarkan proteksi pihaknya dipercaya memiliki banyak peminat asal daerah ini sehingga diberikan kesempatan seluas luasnya bagi putra daerah untuk bersaing merebut posisi formasi yang dimaksud.Adapun formasi tersebut diantaranya Guru SD, Auditor dan  pengawas penyelenggara urusan pemerintah daerah pertama.

Sumbawa Barat dalam rekrutmen CPNS kali ini memiliki jatah formasi yang cukup besar, meski awalnya diusulkan sebanyak 750 formasi namun yang direalisasikan 114 terbilang terbesar dari seluruh Kabupaten/Kota di NTB, bahkan Kabupaten Lombok Utara sebagai Kabupaten baru jumlah formasi hanya dibawah 100.

Menurut Kaban BK-Diklat penentuan formasi ini ditetapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, daerah hanya mengusulkan dan penentuan formasi berdasarkan analisa kebutuhan pegawai yang dilakukan BK-Diklat.

Dari formasi yang ada saat ini, formasi guru bidang studi sangat minim hanya diisi oleh Bidang Studi agama Islam dan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan serta Bimbingan Konseling, sementara bidang study bahasa Indonesia, bahasa inggris,biologi, matematika dan lainnya kosong.

Namun kesempatan bagi sarjana pendidikan bidang study tersebut bisa melamar dalam CPNS kali ini yakni dalam kualifikasi pendidikan S1 secara umum dalam formasi auditor dan pengawas penyelenggara urusan pemerintah daerah pertama. Dan kualifikasi tersebut termasuk formasi yang akan diperuntukkan khusus untuk putra daerah.

Minimnya formasi guru bidang study ini membuat sejumlah Sarjana pendidikan asal daerah ini mencoba mengadu peruntungan menjadi PNS dengan melamar di beberapa daerah lain yang membuka formasi tersebut.

Salah satu calon pelamar yang enggan dikorankan kepada media ini mengaku mencoba mendaftar di Kabupaten Sumbawa, sementara beberapa rekannya yang lain ada yang memilih mendaftar di Kota Mataram.

“ Hitung-hitung ini adalah kesempatan, mau bilang apalagi kami harus coba meski harus ke daerah lain, ya harapan kami kalau di KSB tahun ini formasinya gak ada semoga tahun depan dibuka formasi yang berhubungan dengan disiplin ilmu yang kami peroleh” demikian kata sumber tadi yang mengaku Sarjana Pendidikan Matematika. (Kn-01)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.