Peran Orang Tua Jadi Sorotan Dalam Penyuluhan Pendidikan Karakter TMMD 101

KabarNTB, Sumbawa Barat – Peran orang tua dalam tumbuh kembang anak menjadi salah satu pokok bahasan pada kegiatan
penyuluhan pendidikan berkarakter yang oleh Dinas Pendidikan dan Olaharaga (Dikpora) KSB kepada siswa-siswi SMPN 2 Sekongkang, SDN Ai’ Kangkung dan orang tua Wali murid, Sabtu 15 April 2018.

Kegiatan penyuluhan itu merupakan rangkaian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101 yang dilaksanakan Kodim 1607/Sumbawa di Desa Ai’ Kangkung, Kecamatan Sekongkang, Sumbawa Barat.

“Sebagai orang tua harus mampu menunjukkan contoh yang positif agar anak-anak memiliki karakter yang baik dan tidak mudah tergoda oleh perkembangan zaman seperti sekarang ini,” ujar H Wahidin, Kepala Pengawas SD, SMP Dikpora KSB, pemateri dalam kegiatan penyuluhan itu.

Sebentar lagi sambungnya, SMP dan SD akan melaksanakan ujian akhir, dalam konteks ini, para orang tua perlu menyiapkan anak-anaknya untuk menghadapi ujian tersebut dengan harapan bisa melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.

“Orang tua harus mampu menciptakan kondisi aman dan nyaman bagi tumbuh kembang anak dalam lingkungan keluarga. Ini penting untuk memastikan anak bisa belajar dengan baik, termasuk dalam menghadapi ujian akhir,” imbuhnya.

Sedangkan Sekdis Dikpora KSB, Firmansyah, menyampaikan beberapa hal yang menjadi ancaman bagi generasi muda terutama anak-anak sekolah, yakni Narkoba, Pornografi dan tekhnologi HP android. HP android dengan keunggulannya, memudahkan anak untuk mendownload berbagai macam game dan berbagai macam tontonan yang belum tentu sesuai dan bisa jadi berbahaya bagi tumbuh kembang anak.

Pasiter Kodim 1607/Sumbawa Kapten Inf Robert P, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Dikpora KSB yang telah ambil bagian dalam penyuluhan itu.

Ia menjelaskan selain sasaran fisik berupa pembangunan mushola, pagar pura, pentalutan jalan, pembuatan Poskamling dan lain sebagainya, TMMD 101 juga melaksanakan kegiatan non fisik.

“Kegiatan non fisik yang dilaksanakan diantaranya penyuluhan tentang pemeliharaan instalasi listrik di masyarakat oleh PLN, penyuluhan dari Dinas BLH dengan materi tentang pengelolaan pupuk kompos dari sampah organik dan pemutaran film perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman,” jelasnya.

Terpisah, Dandim 1607/Sumbawa Letkol Arm Sumanto, selaku Dansatgas TMMD ke 101 menyampaikan apresiasi tinggi kepada seluruh personel satgas TMMD maupun pendukung yang sampai saat ini masih tetap semangat melaksanakan tugas membantu percepatan pembangunan di Desa Ai’ Kangkung.

“Kegiatan non fisik selama TMMD harus dilaksanakan sebagai salah satu upaya memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat tentang berbagai hal, sehingga diharapkan masyarakat tidak ketinggalan informasi,” jelas Sumanto.

Orang nomor satu di jajaran Kodim Sumbawa tersebut menyebut, kegiatan TMMD di Desa Ai’ Kangkung merupakan salah satu wujud kemanunggalan TNI dengan Rakyat mengingat personel Satgas TMMD hingga hari ini masih tinggal dan berbaur seperti keluarga dirumah-rumah masyarakat.

Program TMMD yang dilaksanakan dua kali dalam satu tahun di tempat yang berbeda merupakan program TNI bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat. TMMD yang dilaksanakan di Desa Ai’ Kangkung Kecamatan Sekongkang KSB, merupakan salah contoh upaya percepatan pembangunan di pedesaan.(EZ/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.