Percepat Penyaluran Bantuan, Pemprov NTB Bentuk Posko Khusus

KabarNTB, Mataram – Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Rosiyadi Sayuti memimpin rapat konsolidasi dengan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Provinsi NTB, di Ruang Rapat Sekda, Rabu, 8 Agustus 2018. Rapat tersebut untuk membahas penanganan para korban, khususnya terkait dengan penyaluran bantuan oleh berbagai pihak.

Terkait penyaluran bantuan tersebut, Sekda bersama seluruh kepala OPD langsung membentuk posko Sekretariat Daerah (Setda) atau posko khusus, yang dipusatkan di Kantor Gubernur NTB. Meski terdapat posko induk di Kabupaten Lombok Utara, posko Setda tersebut menjadi tempat terdekat bagi masyarakat untuk menyalurkan bantuan sebelum diserahkan ke posko Induk.“Fungsi dari posko bantuan yang dibentuk Sekretariat Daerah ini untuk membantu Posko Induk yang berada di Kahupaten Lombok Utara,” Jelas Sekda.

Dijelaskan bahwa semua bentuk bantuan yang diterima di Posko bantuan Setda adalah sifatnya transit sebelum dilakukan pengiriman ke posko induk di Tanjung. Para petugas yang berada di posko tersebut akan membantu pencatatan secara administratif, agar seluruh laporan bantuan itu dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, lebih-lebih bantuan dana.

“Selain itu juga untuk membantu mengawal distribusi bantuan sehingga betul-betul sampai kepada masyarakat sesuai daerah tujuan. Dengan demikian maka akuntabilitas penyerahan dan penerimaan bantuan dapat dipertanggung jawabkan dengan baik, kepada para donatur dan masyarakat,” ungkap Sekda.

Selain sebagai pusat penyaluran bantuan, Posko tersebut juga berfungsi sebagai pusat pengelolaan Informasi media agar terhindar dari berita HOAX. Karena saat ini informasi media, baik cetak, online telah menjadi konsumsi masyarakat sebagai sumber informasi untuk mengetahui kondisi penanganan korban gempa di KLU, LOBAR dan LOTIM.

Tim Media Center yang berada di Gedung Sangkareang, Kantor Gubernur NTB ini, juga akan membantu memfasilitasi apabila ada tim dokter dari luar daerah dan luar negeri yang ingin bergabung dengan tim kesehatan yang sudah ada di Posko pusat di Tanjung–KLU.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.