Pesan Jokowi : “Gunakan Dana Rekonstruksi untuk Bangun Rumah Tahan Gempa”

KabarNTB, Lombok Utara –  Presiden Joko Widodo, berpesan agar dana stimulan rekonstruksi rumah korban gempa bumi yang diberikan pemerintah, betul – betul dipakai untuk pembangunan rumah.

Bebicara dihadapan warga korban gempa di Posko pengungsian Desa Menggala Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara (KLU), Ahad sore 2 September 2018, Presiden menyatakan rumah yang dibangun harus benar-benar tahan gempa.

“Sehingga kalau ada gempa rumah tidak ada masalah lagi. Untuk itu dalam proses pembangunan nanti akan didampingi pihak Kementrian PUPR, para Insinyur dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang ahli bangunan di Indonesia,” ujarnya.

Presiden Jokowi didampingi Gubernur NTB, menyapa warga korban gempa di Posko pengungsian Desa Menggala Kecamatan Pemenang, KLU, Ahad sore 92/9)

Presiden yang kedatangannya ke NTB kali ini merupakan yang ketiga pasca gempa beruntun yang meluluhlantakkan Pulau Lombok dan sebagian Pulau Sumbawa, menyatakan agar material dari rumah warga yang rusak akibat gempa yang masih bisa dipakai, untuk dipakai. Sehingga dana yang diberikan betul-betul cukup untuk membangun.

“Proses pembangunan rumah juga harus cepat, karena akan segera memasuki musim penghujan, sehingga rumah bisa dipakai sebelum musim hujan datang,” timpalnya.

Setelah selesai membangun, jika ada kelebihan biaya presiden mempersilahkan dipakai untuk kebutuhan yang lain. “Tapi prioritas utama untuk rumah, karena akan dicek nanti bahwa uang harus benar-benar untuk bangun rumah,” tandasnya.

Pada Kesempatan tersebut Presiden Jokowi membagi-bagikan sembako kepada warga pengungsi Gempa Lombok serta Buku tulis kepada anak-anak sekolah yang tinggal di pengungsian.

Dalam kunjungan ke posko pengungsian tersebut, Presiden didampingi Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi dan Bupati KLU, H Najmul Ahyar. Ikut serta dalam rombongan Presiden dari Jakarta, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.(EZ)

 

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.