Pilkades Serentak KSB, Satu Calon Perempuan Menang

KabarNTB, Sumbawa Barat – Pesta demokrasi pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak se-kabupaten Sumbawa Barat,  Ahad 7 Oktober 2018, telah berlangsung aman, tertib dan lancar.

Ahad sore tadi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbawa Barat telah menerima hasil sementara Pilkades yang diselenggarakan di 18 Desa di 7  kecamatan itu.

Kepala DPMD KSB, Drs Mulyadi, yang dihubungi KabarNTB, Ahad malam, menegaskan bahwa data itu masih merupakan data sementara. Data final hasil Pilkades serentak di masing-masing desa akan ditetapkan melalui rapat pleno panitia pemilihan kepala desa (PPKD) di masing-masing desa, pasca penghitungan suara.

“Data hasil pleno penetapan PPKD ini akan diserahkan paling lambat satu hari setelah pleno. Jadi paling cepat besok (senin) data final diterima DPMPD,” jelas Mulyadi.

Suasana penghitungan suara Pilkades di Desa Lamusung Kecamatan Seteluk

Dari data sementara DPMPD, diketahui satu orang dari tiga orang calon perempuan yang bertarung di Pilkades berhasil menang.

Calon perempuan tersebut adalah Surya Ratna yang menempati nomor urut 5 di Pilkades Desa Lamusung, Kecamatan Seteluk. Surya Ratna berhasil menang dengan perolehan suara 360. Ia unggul atas empat orang calon lainnya. Saingan terberatnya, calon nomor urut 1, Dadang Firmansyah hanya memperoleh 206 suara.

“Surya Ratna merupakan satu dari tiga calon perempuan dari total sebanyak 56 calon kepala desa yang bertarung di Pilkades serentak 2018,” sebut Mulyadi.

Berikut hasil Pilkades serentak sesuai data sementara DPMD Sumbawa Barat :

Desa Sermong Kecamatan Taliwang dimenangkan oleh calon nomor urut 1 (satu) atas nama Rosidi S.Sos dengan perolehan suara 337. Di Kecamatan Brang Ene, Desa Mura, calon nomor urut 1 (satu) Sirajul Munir menjadi pemenang dengan perolehan suara 317. Di Desa Mataiyang, calon nomor urut 1, Hairul berhasil menang dengan perolehan suara 134.

Untuk kecamatan Brang Rea, Desa Seminar Salit, calon nomor urut 1, Khairuddin menjadi pemenang setelah meraih suara terbanyak dari lima calon yang bertarung. Khairuddin meraih suara sebanyak 406.

Desa Tepas Sepakat, calon nomor urut 3, Khairuddin, keluar sebagai pemenang dengan perolehan 434 suara. Desa Moteng, calon nomor urut 2, Ahyar Rosidi, keluar sebagai pemenang dengan perolehan suara 285. Sementara di Desa Rarak Ronges, Arifin S.AP unggul atas saingannya, Ruslan. Aripin meraih 277 suara, sedangkan Ruslan meraih 228 suara.

Masih di Kecamatan Brang Rea, Desa Lamuntet, dari dua calon yang bertarung, calon nomor urut 2. Syafruddin, unggul dengan 364 suara.

Kecamatan Seteluk, Desa Seran, calon nomor urut 3, Ramli Ade Putra, berhasil menang dengan perolehan suara 279. Di desa Loka, calon nomor urut 1, Indermawan unggul dengan perolehan suara 324. Sedangkan di Desa Tebo, calon nomor urut 3, Abdul Wahab berhasil mengalahkan dua calon lainnya. Abdul Wahab meraih 310 suara.

Suhardi, calon nomor urut 2, berhasil terpilih menjadi Kades Tambak Sari Kecamatan Poto Tano. Ia mengalahkan tiga calon lainnya dengan perolehan suara 231. Di desa Kokarlian,  Anas Rullah, calon nomor urut 1, keluar sebagai pemenang dengan perolehan suara 638. Saingan terberatnya, calon nomor urut 2, Hudari meraih 450 suara. Masih di Kecamatan Poto Tano, Hamzah, calon nomor urut 1, mencatatkan diri sebagai Kades terpilih desa Tua Nanga setelah meraih 347 suara.

Di Desa Benete, satu-satunya desa yang melaksanakan Pilkades tahun ini di Kecamatan Maluk, dari 5 calon yang bertarung, calon nomor urut 3, Sirajuddin AK, keluar sebagai pemenang dengan perolehan 503 suara.

Di Kecamatan Sekongkang, Desa Sekongkang Bawah, Calon nomor urut 1, Sudirman S.IP unggul dengan perolehan suara 453. Terakhir di Desa Kemuning, calon  nomor urut 1, Erman Maulana berhasil unggul dengan perolehan 402 suara.

Menurut kepala DPMD KSB, secara umum, tidak ada kendala berarti yang terjadi sebelum, saat pemungutan suara berlangsung sampai penghitungan suara dan penetapan hasil di setiap desa yang melaksanakan Pilkades. Polres Sumbawa Barat, mengerahkan ratusan personil untuk mengamankan pelaksanaan kegiatan tersebut dibantu oleh para personil Sat Pol PP Sumbawa Barat.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.