Pimpinan DPRD Ingatkan Zul – Rohmi Tempatkan Pejabat Sesuai Kompetensi

KabarNTB, Mataram – Wakil Ketua DPRD Nusa Tenggara Barat (NTB), Lalu Wirajaya mengingatkan Gubernur Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Sitti Rohmi Djalilah yang baru saja menjabat untuk tidak menempatkan pejabat berdasarkan “like and dislike”.

“Kami minta Gubernur dan Wakil Gubernur menjadikan kompetensi sebagai pertimbangan dalam menempatkan aparatur, sehingga pegawai bekerja lebih profesional,” ujar Lalu Wirajaya di Mataram, Selasa 2 Oktober 2018.

Gubernur – Wakil Gubernur NTB, Zulkieflimansyah – Siti Rohmi Djalillah

Ia mengatakan apa yang disarankannya tersebut bukan bentuk intervensi terhadap Gubernur atau pun Wakil Gubernur, melainkan masukan dan saran selaku anggota legislatif yang merupakan mitra eksekutif. Wirajaya menegaskan tidak boleh ada intervensi dari pihak mana pun, karena faktor si A atau si B berasal dari organisasi ini dan itu.

“Apalagi karena ada faktor kedekatan atau balas jasa di Pilkada. Kalau sudah ada itu, nepotisme. Kedepankan kinerja, keahlian dan kompetensinya,” tambah Politisi Partai Gerindra itu.

Ia menilai, Gubernur dan Wagub pastinya telah memiliki tim dari Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) dalam melaksanakan rotasi atau mutasi jabatan. Namun, tetap harus sesuai aturan dan berbasis kompetensi. Apalagi banyak persoalan yang harus segera dituntaskan Gubernur dan Wagub baru. Seperti angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang masih berada di posisi 29 dari 33 provinsi, masalah TKI, kesehatan, pendidikan, dan aset daerah.

“Selain itu,  NTB tengah dihadapkan pada masa rekontruksi dan pemulihan pascagempa bumi beruntun yang terjadi pada akhir Juli hingga Agustus lalu. Butuh personil yang benar-benar kompeten agar tugas-tugas berat ini bisa tuntas dengan baik,” demikian Wirajaya.(VR)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.