Pipa Induk PDAM Masih Diperbaiki, Suplai Air dengan Armada Tanki Masih Berlanjut

KabarNTB, Sumbawa Barat – Para petugas dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sumbawa Barat masih terus berjibaku melakukan perbaikan pipa induk yang mengalami kerusakan parah akibat meluapnya air sungai Sepalung Desa Bangkat Monteh pada minggu 7 Januari 2018 lalu.

Perbaikan telah mulai dilaksanakan sejak Senin 15 Januari lalu dan masih terus belanjut.

Direktur PDAM Sumbawa Barat, Bambang ST, mengatakan, kendala utama dalam perbaikan tersebut adalah kondisi cuaca yang masih tidak menentu.

Sejumlah petugas PDAM sedang melakukan perbaikan pipa induk yang putus akibat banjir

“Kami sangat bergantung pada kondisi cuaca. Jika cuaca memungkinkan perbaikan berlanjut, jika cuaca buruk dan air sungai pasang, perbaikan terpaksa berhenti,” ungkap Bambang, dalam rapat koordinasi dengan Komisi III DPRD dan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Pemukiman dan Perumahan (PUPRPP), Kamis 18 Januari 2018.

Peristiwa banjir yang disebabkan meluapnya air sungai Sepalung, menyebabkan jalur pipa induk yang menyuplai air bagi pelanggan di Kota Taliwang dan pipa distribusi menuju Kecamatan Brang Rea yang terpasang di jembatan Limpas Desa Bangkat Monteh.

Saat ini PDAM sedang fokus memperbaiki pipa induk penyuplai air ke dalam kota Taliwang. Posisi pipa yang sebelumnya melintang sepanjang 120 meter ditengah sungai, diubah mengikuti alur sungai, meski konsekwensinya akan menambah panjang bentangan.

“Jika kondisi cuaca mendukung, perbaikan ini kami perkirakan tuntas sekitar satu minggu kedepan,” imbuh Bambang.

Sementara itu suplai air bagi pelanggan di kota Taliwang dan Kecamatan Brang Rea di titik yang tidak terjangkau distribusi air lewat jaringan pipa dengan armada tanki PDAM masih terus berlanjut. Bambang memastikan suplai air dengan armada tanki itu tetap akan berlanjut sampai suplai air lewat jaringan pipa distribusi normal kembali.

Ketua Komisi III DPRD KSB, Dinata Putrawan, mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan PDAM untuk memperbaiki kerusakan agar suplai air bisa normal kembali.

“Kami melihat upaya-upaya yang dilakukan PDAM sidah maksimal. Prinsipnya pelayanan kepafa masyarakat sedapat mungkin harus bisa normal secepatnya,” ujar Dinata yang hadir bersama Kepela Dinas PUPRPP Amar Nurmansyah dan seluruh anggota Komisi III lainnya.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.