Pokdarwis Alam Asri Jelenga Diundang Kemenpar di Anugerah ISTA 2019

KabarNTB, Sumbawa Barat – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Asri Jelenga diundang Kementerian Pariwisata menghadiri acara Malam Penganugerahan Penghargaan Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) Tahun 2019 di Jakarta pada 26 September 2019 mendatang.

Pokdarwis Alam Asri yang mengelola Pantai Jelenga Kecamatan Jereweh, Sumbawa Barat, merupakan satu-satunya dari Pulau Sumbawa yang diundang dalam ajang bergengsi itu.

Ketua Pokdarwis Alam Asri Jelenga optimis bahwa destinasi wisata yang dikelolanya akan menjadi salah satu destinasi yang akan memperoleh penghargaan di ajang tersebut.

Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifuddin, menanggapi positif prestasi yang diraih oleh Pokdarwis Alam Asri.

Pantai Jelenga di Kecamatan Jereweh Sumbawa Barat (Foto:nurfitrianiwaode.blogspot.com)

“Saya mengapresiasi daya upaya yang dilakukan Pokdarwis Alam Asri dan terus berbenah. Saya berharap dapat menjadi motivasi bagi Pokdarwis yang lain untuk dapat mengembangkan kiprahnya,” ungkap Wabup.

“Saya ucapkan selamat kepada Pokdarwis Alam Asri. Mereka (Pokdarwis) betul-betul secara swadaya bisa berbuat untuk pariwisata, ini luar biasa. Semoga dapat menjadi semangat untuk terus berkembang membangun pariwisata secara bersama-sama, bergotong-royong membangun daerah,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KSB, IGB Sumbawanto, berharap agar kedepan Pokdarwis Alam Asri dapat meningkatkan pengelolaan destinasi wisatanya secara berkelanjutan.

“Kita berharap semua pihak Pemerintah Daerah dan pihak-pihak lain bisa terus bersepakat bagaimana membantu masyarakat dalam meningkatkan pengelolaan destinasi wisata Jelenga lebih lanjut,” ujar Kepala Dinas.

“Bentuk dukungan bisa dalam kebijakan maupun anggaran yang fokus untuk membangun pariwisata Jelenga secara berkelanjutan. Semua pihak dapat meningkatkan perhatiannya ke sana,” imbuh Sumbawanto.

Kementerian Pariwisata, telah menetapkan Kawasan Pantai Jelenga, Kecamatan Jereweh, Sumbawa Barat sebagai salah satu dari 37 nominator di ajang ISTA 2019. Pengumuman resmi nama-nama nominasi telah dikeluarkan oleh kementerian pada 27 Juni 2019 dan telah dilakukan visitasi pada 25 Juli 2019 lalu.

ISTA merupakan penghargaan dari Kementerian Pariwisata untuk destinasi yang telah menerapkan sistem pariwisata berkelanjutan. Ajang ISTA diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata untuk ketiga kalinya pada tahun ini dan terbuka untuk seluruh pengelola destinasi Pariwisata baik pengelola kawasan, agen travel, penyedia jasa, yayasan, maupun masyarakat lokal.

Kementerian Pariwisata menyatakan bahwa ISTA dilaksanakan bukan sebagai kompetisi untuk membandingkan antar destinasi/daya tarik wisatawan/bisnis pariwisata, akan tetapi untuk memotivasi destinasi lainnya agar dapat meningkatkan pengembangan pariwisata berkelanjutan.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.