Potensi Wisata Prajak Dipromosikan Lewat Balap Perahu

KabarNTB, Sumbawa — Sebagai upaya melestarikan budaya serta mempromosikan potensi wisata lokal, Warga Dusun Prajak Desa Batu Bangka Kecamatan Moyo Hilir, mengelar lomba balap perahu. Kegiatan yang di ikuti puluhan perserta tersebut berlangsung dari Senin 27 hingga 31 Agustus.

Camat Moyo Hilir M. Lutfi Makki, mengatakan, kegiatan balap perahu yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Batu Bangka di pantai Prajak tersebut, sebagai upaya mengembangkan potensi wisata,khususnya di Desa Batu bangka, mengingat Dusun Prajak memiliki histori sebagai salah satu lokasi dermaga Jepang di masa lampau.

“Potensi wisata historis dengan mempromosikan bekas dermaga dan bangkai kapal Jepang yang ada di Dusun Prajak, dengan perlombaan balap perahu ini, Salah satu bentuk ihktiar yang dilakukan untuk menghidupkan wisata di desa dan kecamatan, apalagi di Teluk Prajak sudah ada kerambah yang mempunyai potensi untuk dikembanya menjadi rumah makan apung,” Ungkap Camat Lutfi, di sela-sela perlombaan, kamis 30 Agustus 2018.

Menurut dia, potensi pariwisata Dusun Prajak belum tergarap dengan baik, seperti Gili Dangar yang memiliki pantai pasir putih yang indah demikian juga dengan pulau –pulau yang lain, sertadengan potensi laut lainnya.

“Kedepan kami akan berupaya mengoptimalkan segala potensi tersebut,” katanya.

Sementara itu Kepala Desa Batu Bangka HA Wahab menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan oleh para pemuda dan tokoh masyarakat Dusun Prajak itu, diikuti oleh peserta dari beberapa desa pesisir yang ada di kabupaten Sumbawa.

”Pesertanya diatas 50 orang. Ada juga lomba dayung yuang diikuti oleh semua umur. Kaum hawapun tak ketinggalan berpartisipasi menguji nyali,” ungkapnya.

HA Wahab berharap event balap sampan yang dilaksanakan setiap tahun itu bisa masuk dalam kalender pariwisata daerah melalui Festival Moyo. Hal itu penting lantaran Prajak memiliki potensi yang tidak kalah indahnya dengan pantai lain di kabupaten Sumbawa.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.