Presiden Minta Para Relawan Ikut Membantu Percepatan Rekonstruksi

Presiden Jokowi melaksanakan inspeksi pasukan dalam apel siaga NTB Bangun Kembali di Lombok Barat, Senin pagi

– Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo memimpin Apel Kesiapsiagaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Gempa Bumi NTB, di Lapangan Sepakbola Desa Gunung Sari, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Senin pagi, (3/9/18).

Didampingi Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi, Presiden Jokowi menyampaikan sejumlah arahan. Termasuk meminta agar para relawan bekerja membantu proses percepatan rekonstruksi.

“Saya ingin titip kepada saudara semua agar masyarakat dibantu baik dalam pembersihan, dan pembangunan kembali karena kita berkejaran dengan waktu”, ungkap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan, tahapan tanggap darurat telah berlalu. Maka, sekarang masuk pada tahapan rehabilitasi dan rekonstruksi. Untuk itu, sejumlah tahapan yang nantinya akan ditempuh adalah pembangunan fasilitas publik seperti pasar, puskesmas, sekolah, masjid/mushalla sudah mulai dikerjakan.

Untuk memastikan semua tahapan itu berjalan lancar, Presiden mengatakan perlu untuk terjun langsung ke lapangan. Termasuk menyerahkan bantuan bagi rumah rusak berat, rusak sedang, dan rusak ringan. Meskipun baru 5.293 rumah yang telah diberikan, dari kurang lebih 71.000, presiden menjanjikan akan bergerak cepat, meski membutuhkan waktu.

Presiden berharap rumah tersebut dapat selesai sebelum musim hujan tiba. Sebagaimana yang Ia sampaikan saat kunjungan di kabupaten Lombok Utara dan kabupaten Lombok Barat, sehari sebelumnya. Presiden RI sudah menentukan rumah yang dibangun, adalah rumah tahan gempa, sebab NTB masuk dalam ‘Ring Of Fire’ atau garis cincin api.

Maka dari itu, dalam pembagunan rumah nantinya akan didampingi dan dikawal oleh Kementerian PUPR yang dibantu ratusan insinyur muda dan mahasiswa teknik untuk membangun rumah anti gempa atau tahan gempa,

“Jika rumah itu nantinya oleh pemiliknya ingin rumah tembok ya silakan, kalau ingin memilih pake kayu silakan juga, kalau dr bambu juga silakan tapi diarahkan agar konstruksinya adalah konstruksi tahan gempa”, tambahnya.

Jokowi juga akan memantau dan mengecek terus agar NTB segera normal kembali baik aktivitas ekonomi dan kehidupan dapat berjalan dengan baik. Terkahir, Jokowi mengucapkan terimakasih dan apresiasi atas partisapasi seluruh masyarakat terhadap solidaritas untuk saudara di NTB. Termasuk ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyumbang tenaga dan pikirannya kepada saudara-saudara di NTB yang tertimpa musibah. Seperti, para relawan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Pemerintah Daerah Provinsi NTB, serta jajaran Pegawai Negeri Sipil.(EZ)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.