Program RHL TNI di Empang Diapresiasi BPDAS NTB

KabarNTB, Sumbawa – Program Rehabilitasi Hutan Lindung (RHL) Kerjasama LHK Propinsi NTB dengan Kodim 1607 Sumbawa melalui Koramil 1607-02 Kecamatan Empang mendapat apresiasi dari BPDAS Propinsi NTB yang turun langsung ke Kecamatan Empang pada Selasa 20 februari 2018 melakukan pengecekan lokasi.

Tim BPDAS NTB yang di ketuai Djoko Juwono, menjelaskan, apa yang dilakukan oleh LHK Propinsi dengan Koramil 1607-02 Empang perlu dicontoh dalam menjaga hutan dan melestarikan lahan.

“Lahan yang selama ini kosong menjadi rimbun dengan berbagai tanaman yang bernilai ekonomis serta bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Untuk diketahui, program kerjasama Koramil 1607-02 dengan LHK itu menanami lahan seluas 75 Hektar yang terbagi atas 50 hektar di desa jotang dan 25 hektar di desa Ongko kecamatan Empang dengan tanaman kayu putih, kemiri dan pohon asam. Semua pohon dimaksud tumbuh dengan baik dan subur serta tetap dipertahankan.

Menurutnya, penanaman pohon kayu putih, kemiri dan pohon asam ini agar masyarakat tidak hanya fokus membuka lahan hutan untuk menanam jagung. Lewat program ini, masyarakat juga membentuk kelompok- kelompok tani sebagai mitra kerja dari KPH utk menjaga kelestarian hutan.

Sementara itu Danramil 1607 -02 Empang Kapten Inf Triono Budi Waskito mengatakan, awalnya program ini mendapat penolakan masyarakat. Namun setelah mereka diajak stduy banding ke Desa Serading terkait penanaman pohon kayu putih dan mendapat penjelasan dari Kepala KPHP Puncak Ngengas Batu Lanteh Julmansyah, akhirnya masyarakat mengerti.

“Kami berharap kepada semua pihak baik pemerintah maupun masyarakat, agar tetap menjaga kelestarian hutan untuk mencegah terjadinya bencana, apalagi tanaman tersebut bernilai ekonomis bagi masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Menurutnya, jika dihitung penghasilan dari tiga jenis tanaman tersebut, masih lebih menguntungkan hasilnya jika dibandingkan dengan tanaman jagung, karena biaya operasional sangat kecil.

“Kami minta kepada Pemda melalui KPH untuk mendukung agar berjalan sukses serta meluas ke daerah lainnya. Jika hal ini dapat terlaksana dengan baik, maka kelestarian hutan dan sumber air dapat terjaga bagi anak cucu kita di masa yang datang,” ungkap Tri.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.