Puluhan Lansia Ikut Senam Massal dan Penyuluhan Kesehatan

KabarNTB, Sumbawa – Puluhan Lanjut Usia (Lansia) anggota kelompom Lansoa ‘Kemang Satange’ Kelurahan Samapuin, Sumbawa Besar, ikut ambil bagian dalam senam lansia dan penyuluhan kesehatan, Jum’at pagi 13 April 2018.

Kegiatan itu dilaksanakan di halaman Paud Nurul Hidayah Kelurahan Samapuin atas prakarsa Puskesmas Unit 1 Kecamatan Sumbawa, yang juga pembina kelompok Lansia Kemang Satange.

Ketua TP PKK Kecamatan Sumbawa, Sekcam, Lurah Samapuin, Lurah Uma Sima, Lurah Lempeh, Lurah Brang Bara, Lurah Brang Biji, KUPT Kesehatan Kecamatan Sumbawa dan para Lansia se Kecamatan Sumbawa, turut hadir meramaikan kegiatan itu.

Sementara penyuluhan kesehatan disampaikan oleh dr Arfi Wahyuni yang merupakan dokter internsip Puskesmas unit 1 Kecamatan Sumbawa yang mengulas materi seputar Kolesterol.

Dijelaskan, kolesterol merupakan lemak berwarna kekuningan yang diproduksi oleh tubuh manusia terutama hati. Kolesterol memiliki manfaat bagi tubuh seperti bantalan lemak tubuh, pembentukan hormon, mengatur vitamin D, serta mengatur garam empedu.

“Namun yang perlu diwaspadai adalah kelebihan kolesterol, dimana jumlah kolesterol dalam darah lebih dari 240 mg/dl. Ini bisa menimbulkan penyakit,” jelas dr Arfi.

Kolesterol lanjutnya, terdiri dari dua jenis yakni HDL atau lemak Baik dan LDL atau lemak jahat. Kolesterol jahat menyebar dalam darah, jika terjadi penumpukan maka akan menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Sedangkan kolesterol baik menyebar dalam darah untuk mengangkut kolesterol jahat agar tidak menyumbat pembuluh darah.

“Adapun penyebab kolesterol naik diantaranya asupan berlebihan kandungan lemak seperti kuning telur, telur ikan, udang, jeroan, gurita, hati ayam, hati kerbau, hati sapi,” ulasnya.

Komplikasi Kolesterol tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke, penyakit jantung koroner, radang pangkreas. Karena itu, makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi guna mengurangi Kolesterol jahat adalah ikan laut atau tawar, alpukat, serta kurangi kuonsumsi kuning telur, hati, jeroan, udang, dan keju, tandas dr arfi.(JM)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.