Puluhan Ribu Ummat Islam Tumpah Ruah Dalam Takbiran Keliling di KSB dan Sumbawa

KabarNTB, Sumbawa Barat – Puluhan ribu ummat islam tumpah ruah turun ke jalan melaksanalan takbir keliling di Kota Taliwang, Sumbawa Barat dan Kota Sumbawa Besar, menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Kamis malam 14 Juni 2018.

Di Kabupaten Sumbawa Barat, Takbir keliling yang diikuti oleh jamaah masjid dari seluruh wilayah KSB dan Dinas / Instansi Lingkup Pemerintah Daerah dilepas langsung oleh Bupati HW Musyafirin dan Wakil Bupati Fud Syaifuddin di lapangan alun – alun kota Taliwang.

Bupati Sumbawa Barat, HW Musyafirin melepas peserta Takbiran Keliling di Kota Taliwang

Sejak dua tahun terakhir, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) KSB mengeluarkan kebijakan pawai takbiran dengan jalan kaki dimana seluruh peserta tidak diperkenankan untuk menggunakan kendaraan bermotor untuk mengantisipasi macet didalam kota dan syiar serta kekhusyukan dari kegiatan tahunan tersebut tetap terjaga.

“Momentum Idul Fitri 1439 H ini mari kita maknai sebagai kemenangan bagi tegaknya syiar Islam di segala sendi kehidupan masyarakat untuk kemajuan daerah yang baldatun toiyibatun warabbun gafur,” ujar Bupati HW Musyafirin, dalam sambutannya sebelum melepas para peserta takbir keliling.

Peserta Takbiran Keliling di Kota Sumbawa Besar

Kemeriahan serupa juga terlihat di Kota Sumbawa Besar. Bupati HM Husni Djibril dan Wakil Bupati H Mahmud Abdullah terlihat ikut larut dalam suka cita bersama puluhan ribu masyarakat di lapangan Pahlawan Sumbawa Besar.

Para peserta pawai Takbiran dari kalangan pelajar dan umum jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya. Mereka juga beradu keahlian serta kerapian dan keindahan dalam menampilkan kendaraan hias yang diatasnya terdapat miniatur bangunan masjid dan Ka’ bah.

Pawai takbiran di kota Sumbawa mengambil rute dari lapangan Pahlwan, menuju Jalan Kartini dan berbelok di jalan mawar menuju jalan di ponegoro lalu kembali finish di Masjid Agung Nurul Huda.

Sementara puluhan ribu masyarakat kora Taliwang dan kota Sumbawa tumpah ruah di jalan – jalan yang dilalui para peserta. Suasana Idul fitri tahun ini juga berlangsung lebih semarak karena seluruh ormas Islam di Indonesia merayakannya secara bersamaan pada Jum’at 15 Juni 2018 esok.(EZ/JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.