Rumah Sprinter Junior Tercepat Dunia Mulai Direhab TNI

KabarNTB, Lombok Utara – Pihak keluarga LM Zohri, juara dunia junior lari 100 meter, akhirnya bersedia rumah peninggalan orang tua mereka di Dusun Karang Pengsor, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Lombok Utara, direhab.

Sejak Sabtu pagi 14 Juli 2018 tadi, rumah yang menjadi tempat tinggal Zohri itu, sudah mulai dibongkar oleh peraonil TNI AD bersama masyarakat setempat yang dipimpin langsung Danrem 162/WB, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani.

Danrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, kepada sejumlah media dilokasi menyampaikan, pembongkaran tersebut dilakukan berdasarkan hasil koordinasi pihaknya bersama keluarga Lalu Muhammad Zohri.

Kondisi rumah LM Zohri, juara dunia junior lari 100 meter sebelum direhab

“Alhamdulillah keluarganya semalam (Jumat malam) mengijinkan dan merestui perehaban ini,” jelas Danrem.

Namun sambungnya, rehab dimaksud tidak mengubah konsep asli rumah dengan tetap menggunakan kayu dan atapnya menggunakan genteng.

“Ini sesuai permintaan dari pihak keluarga sehingga tidak merubah kesan aslinya. Cuma bangunananya yang akan kami lebarkan 1 meter ke belakang supaya lebih luas dengan atap naik menjadi menjadi 3 meter agar lebih nyaman,” ungkap Rizal.

Di dalam ruangan akan di pasang keramik, dibuatkan ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan dapur. Sebelumnya belum ada kamar mandi dan dapur dirumah dimaksud.

“Harapan kita sekembalinya (LM Zohri) nanti lebih bisa meningkatkan prestasinya di tingkat internasional,” harap Danrem.

Terkait biaya, Rizal menyebut sudah banyak donasi dari seluruh Indonesia dan juga banyak yang sudah menghubungi pihaknya untuk membantu, salah satunya ITDC untuk di wilayah NTB.

“Jumlah anggaran rehab rumah masih dihitung oleh Danden Zibang 2/IX Mataram dan direncanakan satu bulan kedepan sudah selesai karena dibantu masyarakat dan steakholder yang lain,” kata pria ramah tersebut.

Selain rehab rumah, tambah Rizal, juga akan dilakukan perbaikan jalan di sekitar lingkungan rumah dimaksud.

“Kami juga akan mengerjakan fasilitas umum berupa perabatan jalan sekaligus pemasangan lampu penerangan jalan agar nyaman digunakan oleh masyarakat dan anak-anak juga bisa bermain dengan aman,” pungkasnya.

Selain personel TNI yang melaksanakan pembongkaran dan perehaban, terlihat juga dilokasi anggota PLN untuk membantu memasang lampu jalan dan dari BPN untuk mengukur luas tanah milik keluarga Lalu Muhammad Zohri dalam rangka pembuatan sertifikat.

Sebelumnya, Danrem 162/WB juga telah menyatakan kesiaoan untuk merekrut Muhammad Zuhri sebagai personil TNI tanpa tes. Sementara Menpan RB menyatakan siap mengangkat pemuda kelahiran 1 Juli 2000 itu sebagai PNS lewat jalur atlet berprestasi.

Perhatian serupa juga ditunjukkan pihak lain, termasuk Gubernur NTB yang memberikan bonus Rp 200 juta dalam bentuk asuransi dan modal usaha, Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam bentuk tunai Rp 25 juta, serta dari Kemendagri yang akan menghadiahkan satu unit rumah yang berlokasi di perumahan tidak jaug dari tempat tinggal Zohri di KLU. Sedangkan Presiden Jokowi telah memerintahkan Menteri PUPR untuk merehab rumah Zohri dan berencana mengundang pemuda peraih emas kejuaraan dunia junior nomor paling bergengsi, 100 meter putra di Tampere Finlandia 11 Juli lalu itu.(EZ/*)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.