Sat Pol Air Sumbawa Gagalkan Penyelundupan Ratusan Kantong Karang Hias dari Pulau Bungin

KabarNTB, Sumbawa – Satuan Polisi Perairan (Satpol Air) Polres sumbawa, berhasil menggagalkan aksi penyelundupan karang hias yang hendak dikirim dari Desa Pulau Bungin ke Bali, pada Rabu 18 april 2018.

Pengiriman karang hidup yanh dikemas dalam bungkusan plastik itu digagalkan sekitar pukul 22.30 wita di Dusun Tengkal Desa Dalam, kecamatan Alas Sumbawa.

Kasat Pol Air Sumbawa, IPTU Lalu Asmara kepada wartawan Jumat 10 april 2018 di Polres Sumbawa, menjelaskan, penangkapan itu berawal dari informasi masyarakat yang menyebutkan bahwa akan ada pengiriman karang hias (karang hidup) dari Pulau Bungin.

Anggota Sat Pol Air Sumbawa menunjukkan ratusan kantong karang hias yang hendak diselundupkan dari Pulau Bungin ke Bali

Laporan itu langsung ditindaklanjuti ke TKP oleh personil Satpol Air yakni Komandan Kapal XXI – 2011, Brigadir Budi Santoso beserta dua ABK, Brigadir Sugiarto dan Brigadir Surya Maulana.

Ternyata benar, didapati dua doz besar berisi karang hias (karang hidup) yang dikemas dalam ratusan plastik oksigen dan siap dikirim ke Bali. Ratusan kantong karang hidup itu milik Bohari (41) warga Desa Bungin.

“Dalam doz pertama berisi Karang Anemon (Euphyllia Glabrescense) sebanyak 103 pcs, dan di dalam doz kedua berisi Karang Piring Anemon (Heliofungia Sp) sebanyak 91 pcs, jadi jumlah keseluruhannya sebanyak 194 pcs,” ungkap Lalu Asmara.

Menurutnya, pemilik barang mengaku tidak melengkapi dokumen serta ijin resmi.

“Karena itu barang bukti beserta pemiliknya diamankan di Kantor Pos Pol Airud Labuhan Alas guna pemeriksaan dan proses lanjutan,” tandasnya.(JM)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.