Satgas Pengawasan Perairan Sumbawa – KSB Telah Terbentuk

KabarNTB, Sumbawa – Pemerintah akan membentuk Satgas Pengawasan yang melibatkan beberapa pihak keamanan dan instansi terkait lainnya untuk meminimalisir segala bentuk tindak kejahatan disepanjang wilayah perairan di Kabupaten Sumbawa dan KSB.

Hal itu merupakan hasil rapat koordinasi Dinas Kelautan dan Perikanan se- Propinsi NTB, sebagaimana diungkapkan  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa Ir.Dirmawan.

“Instansi yang terlibat sebagai anggota Satgas tersebut diantaranya, Polair, TNI AL, Dislutkan, POL PP termasuk juga kelompok masyarakat pengawas di masing-masing desa pesisir yang telah dibentuk,” jelas Dirmawan, Kamis 7 Desember 2017.

Satgas, menurut dia, penting dibentuk, mengingat luas wilayah perairan dan sumberdaya yang terkandung harus dimanfaatkan dengan aturan main yang telah diatur.  Yang terjadi selama ini, masih saja ada oknum –oknum yang mengambil ikan dengan cara yang dilarang seperti, pengeboman, potasium (Ilegal Fishing) lainnya.

Dan untuk diketahui, untuk wilayah perairan Kabupaten Sumbawa seperti di Teluk Saleh yang telah ditetapkan sebagai Aquarium dunia dan perairan pulau panjang, selalu saja terjadi illegal fishing (masih dianggap rawan).

“Dengan  dibentuknya Satgas pengawasan tersebut, diharapkan akan memberi rasa aman bagi nelayan, serta terpeliharanya terumbu karang dari aksi pengeboman. Saat ini tim Satgas pengawasan sudah mulai bekerja seperti Polair dan TNI AL,”  ungkap Dirmawan.(JK)

Posted by: On: Reply

Subscribe

Langganan Berita Kami Disini. Silahkan Masukkan Alamat E-mail Anda.